Sukses

Javier Pérez de Cuéllar, Mantan Sekjen PBB Wafat dalam Usia 100 Tahun

Mantan sekretaris jenderal PBB yang pernah menjabat selama dua periode meninggal dunia di usia 100.

Liputan6.com, Lima - Javier Pérez de Cuéllar, mantan sekretaris jenderal PBB selama dua periode meninggal dunia pada Rabu 4 Maret, dalam usianya ke-100 tahun. Semasa hidupnya, ia pernah menjadi perantara gencatan senjata bersejarah antara Iran dan Irak pada 1988 dan kemudian pensiun untuk membantu membangun kembali demokrasi di tanah kelahirannya di Peru.

Putranya, Francisco Pérez de Cuéllar, mengatakan ayahnya meninggal di rumah karena faktor usia. Sekretaris Jenderal AS saat ini Antonio Guterres menyebut diplomat Peru itu sebagai "inspirasi pribadi." Demikian seperti dikutip dari AP, Kamis (5/3/2020). 

"Kehidupan Pérez de Cuéllar membentang tidak hanya satu abad tetapi juga seluruh sejarah Perserikatan Bangsa-Bangsa, berasal dari partisipasinya dalam pertemuan pertama Majelis Umum pada tahun 1946," kata Guterres.

Meninggalnya Pérez de Cuéllar mengakhiri karier diplomatik panjangnya, yang membawa sepenuhnya dari jabatan pertama sebagai sekretaris di kedutaan Peru di Paris pada 1944 hingga pekerjaan selanjutnya sebagai duta besar Peru untuk Prancis.

Ketika ia memulai masa jabatannya sebagai sekretaris jendral AS pada 1 Januari 1982, ia adalah seorang warga negara Peru yang dikenal sebagai kandidat kompromi pada saat Perserikatan Bangsa-Bangsa dijunjung rendah.

Menjabat sebagai wakil menteri luar negeri untuk urusan politik khusus, dia muncul sebagai kandidat kuda hitam pada Desember 1981. Setelah terpilih, ia dengan cepat membuat perubahan.

Terganggu oleh berkurangnya efektivitas Perserikatan Bangsa-Bangsa, ia berusaha untuk merevitalisasi mesin pemeliharaan perdamaian yang rusak di badan dunia.

Langkah pertamanya adalah "mengguncang sistem di dalam organisasi" dengan laporan yang sangat kritis di mana ia memperingatkan: "Kami sangat dekat dengan anarki internasional baru."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biografi Singkat

Javier Pérez de Cuéllar lahir di Lima pada 19 Januari 1920. Ayahnya seorang "pengusaha sederhana," dan seorang pianis amatir yang ulung, menurut mantan sekretaris jenderal itu. 

Dia menerima gelar sarjana hukum dari Universitas Katolik Lima pada tahun 1943 dan bergabung dengan layanan diplomatik Peru setahun kemudian. Dia akan melanjutkan ke posting di Perancis, Inggris, Bolivia dan Brasil sebelum kembali ke Lima pada tahun 1961, di mana dia melayani di sejumlah jabatan kementerian tingkat tinggi.

Dia adalah duta besar untuk Swiss dan kemudian menjadi duta besar pertama Peru untuk Uni Soviet sementara secara bersamaan terakreditasi ke Polandia. Tugas lainnya termasuk jabatan sekretaris jenderal Kementerian Luar Negeri Peru dan kepala delegasi untuk PBB.

Setelah meninggalkan Amerika Serikat Pérez de Cuéllar melakukan upaya yang gagal untuk kepresidenan Peru pada tahun 1995 melawan pemimpin otoriter Alberto Fujimori, yang rezim otokratis 10 tahunnya runtuh pada November 2000 di tengah skandal korupsi.

Pada usia 80, Pérez de Cuéllar pensiun di Paris dan kembali ke Peru untuk mengambil kedudukan sebagai menteri luar negeri dan kepala kabinet untuk Presiden sementara, Valentin Paniagua.

Kredensial demokrasinya yang sempurna memberikan kredibilitas kepada pemerintah sementara yang mandatnya adalah memberikan pemilihan yang bebas dan adil. Delapan bulan kemudian, Presiden Alejandro Toledo yang baru terpilih memintanya untuk melayani sebagai Duta Besar untuk Prancis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini