Sukses

4 WNI di Jepang Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona

Pihak Jepang mengabarkan sebanyak empat WNI dari Kapal Diamond Princess sembuh dari Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Empat WNI yang tertular Virus Corona (COVID-19) di Jepang telah dinyatakan sembuh. Mereka adalah ABK dari kapal pesiar Diamond Princess. 

Berdasarkan sumber resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), empat pasien itu sudah mendapat surat sembuh. 

"Info dari KBRI di Tokyo, total kru WNI yg dinyatakan sembuh (surat keterangan sehat Jepang) per kemarin ada empat," ujar (Plt) Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Rabu (4/3/2020). 

Kabar pertama kali WNI di Diamond Princess tertular Virus Corona diumumkan oleh Kemlu pada 18 Februari lalu. Jumlahnya pun bertambah dari tiga orang menjadi sembilan, sebelum akhirnya mulai ada pasien yang sembuh. 

Sisa WNI di Diamond Princess lainnya sudah dijemput oleh pemerintah. Mereka akan melalui masa karantina di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. 

Masa karantina WNI dari Diamond Princess lebih lama daripada WNI Wuhan, yakni selama 28 hari. 

"Masa karantina akan berjalan dua kali lebih lama, atau sekitar 28 hari. Ini dilakukan karena untuk memastikan mereka benar-benar sehat saat meninggalkan tempat karantina," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia kepada wartawan, pada 29 Februari lalu. 

Saat ini ada dua pasien Virus Corona di Indonesia dan dirawat di Jakarta. Kondisi mereka dilaporkan sedang membaik.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.