Sukses

Donald Trump Sumbangkan Gaji demi Lawan Virus Corona

Donald Trump dikabarkan menyumbang gaji untuk melawan Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan gajinya ke Kementerian Kesehatan dan Layanan Masyarakat. Donasi gaji ini diberikan untuk mendukung respons kementerian itu dalam melawan wabah Virus Corona (COVID-19).

Gaji yang Trump sumbangkan berasal dari gaji kuartal terakhir 2019. Kabar ini disampaikan juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham di Twitter.

"Presiden @realDonaldTrump membuat komitmen untuk mendonasikan gajinya ketika menjabat," ujar Grisham, seperti dikutip Rabu (4/3/2020).

"Ia mendonasikan gaji Q4 2019 kepada Kementerian Kesehatan dan Layanan Masyarakat untuk mendukung usaha yang diambil untuk mengkonfrontasi, meredam, dan melawan #Coronavirus," ujarnya.

Trump juga telah bertemu dengan Institut Kesehatan Nasional AS serta berkunjung ke laboratorium yang sedang mengembangkan vaksin Virus Corona.

Donald Trump menyumbangkan gajinya ke berbagai kementerian atau lembaga pemerintah. Pada bidang kesehatan, ia sebelumnya pernah berdonasi ke lembaga yang melawan narkoba dan penyalahgunaan alkohol.

Gaji yang Trump sumbangkan sebesar USD 100 ribu (Rp 1,4 miliar). Presiden AS mendapatkan gaji tiap kuartal dengan total per tahun USD 400 ribu (Rp 5,7 miliar).

Jumlah kematian akibat Virus Corona di AS meningkat menjadi sembilan orang. Namun, pemerintahan Trump mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik. Otoritas kesehatan masyarakat AS turut menegaskan publik agar tidak takut.

"Kita harus waspada dan mengambil langkah yang layak untuk bersiap dan melindungi diri sendiri, tetapi kita seharusnya tidak takut," ujar Surgeon General AS Jerome Adams.

(USD 1 = Rp 14.270)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Donald Trump Tunjuk Pakar AIDS untuk Lawan Virus Corona

Pemerintahan Donald Trump menunjuk pakar AIDS Deborah Birx sebagia koordinator melawan Virus Corona (COVID-19). Birx merupakan duta besar kesehatan AS yang memulai karier di Kementerian Pertahanan.

Dilaporkan VOA Indonesia, penunjukan Birx dilakukan oleh Wakil Presiden Mike Pence. Posisi Birx adalah Koordinator Respons Virus Corona Gedung Putih.

Birx akan melapor kepada Pence, yang ditunjuk Presiden Donald Trump pada Rabu lalu untuk mengawasi upaya pemerintah AS dalam merespon krisis kesehatan Virus Corona, serta bergabung dengan satgas khusus yang dipimpin oleh Menteri Kesehatan AS, Alex Azar.

Berdasarkan profil resmi Birx di situs Department of State, wanita ini memiliki pengalaman karier yang panjang di sektor kesehatan. Ia terlatih sebagai dokter militer dengan spesialiasi di imunologi.

Birx pernah menjabat sebagai Direktur Program Penelitian HIV Militer AS pada 1996-2005. Selanjutnya, pada 2005-2014, ia menjadi direktur global HIV/AIDS di otoritas kesehatan nasional AS (Centers for Disease Control and Prevention) dan mengelola anggaran hingga USD 1,5 miliar per tahun.

Sementara, di ranah sains Birx sudah menerbitkan 220 manuskrip jurnal yang mendapat peer-review. Reputasi positif lainnya adalah Birx berhasil memimpin penelitian vaksin HIV, yakni RV 144. Selain aktif dalam melawan AIDS, Birx juga berpengalaman dalam menangani Malaria dan TBC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.