Sukses

Korea Utara Kembali Uji 2 Rudal Pertama pada Awal 2020

Korea Utara menguji dua rudal pertama di tahun 2020 ini.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara telah meluncurkan dua proyektil yang belum diketahui detilnya, dalam uji coba senjata pertama yang dilakukan tahun ini. Hal ini justru dilaporkan oleh militer Korea Selatan.

Mengutip dari BBC, Senin (2/3/2020), sedikit yang diketahui tentang proyektil tersebut, kecuali bahwa mereka diluncurkan dari pantai timur Utara menuju Laut Jepang, yang juga dikenal sebagai Laut Timur.

Pada Mei lalu, Korea Utara telah melakukan uji coba rudal pertama setelah penyetopan selama 18 bulan. Seiring berjalannya waktu, banyak uji coba yang kemudian dilakukan.

Korea Utara secara historis meningkatkan pengujian rudal di musim semi.

"Militer sedang memantau peluncuran tambahan dan menjaga kesiapan," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Tes itu dilakukan hanya beberapa hari setelah Korea Selatan dan AS mengumumkan bahwa mereka menunda latihan bersama tahunan akibat Virus Corona, yang ternyata membuat Korea Utara geram. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korut - AS

Pada awal tahun ini, pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan dia mengakhiri penangguhan uji coba nuklir dan rudal jarak jauh, saat pembicaraan antara AS dan Korea Utara terhenti.

Pemimpin Korea Utara mengancam bahwa dunia akan "menyaksikan senjata strategis baru ... dalam waktu dekat".

Korea Utara telah melakukan beberapa uji coba senjata pada 2019, dalam apa yang dilihat sebagai upaya untuk menekan AS ke dalam konsesi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.