Sukses

Umat Diduga Saling Tularkan Virus Corona, Pemimpin Sekte di Korea Selatan Diselidiki

Pemimpin sebuah sekte keagamaan di Korea Selatan akan diselidiki atas beberapa kematian akibat Virus Corona di negara itu.

Liputan6.com, Seoul - Korea Selatan sedang memerangi wabah Virus Corona terburuk di luar China.

Negara ini telah melaporkan 3.730 kasus dan 21 kematian sejauh ini. Lebih dari setengah dari semua yang terinfeksi melibatkan anggota Gereja Shincheonji Yesus, sebuah kelompok Kristen pinggiran.

Pemimpin sebuah sekte keagamaan di Korea Selatan itu akan diselidiki atas beberapa kematian akibat Virus Corona di negara itu.

Pemerintah ibu kota Seoul telah meminta jaksa penuntut untuk menuntut Lee Man-hee, pendiri Gereja Shincheonji, bersama dengan 11 orang lainnya.

Menurut laporan BBC, Senin (2/3/2020), mereka dituduh menyembunyikan nama beberapa anggota, ketika petugas mencoba melacak pasien sebelum virus menyebar.

Pihak berwenang mengatakan anggota Shincheonji saling menularkan virus satu sama lain di kota Daegu selatan bulan lalu, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh negeri.

Seorang anggota senior, Kim Shin-chang, mengatakan kepada wartawan BBC Laura Bicker bahwa gereja itu "sangat menyesal telah menyebabkan kekhawatiran".

Dia mengakui bahwa beberapa anggota gereja takut untuk mengungkapkan identitas mereka tetapi mengatakan gereja sekarang telah mengungkapkan semua informasinya, termasuk semua lokasi dan anggota.

"Kami khawatir jika memberikan informasi semacam ini karena keselamatan anggota kami, tetapi kami percaya saat ini yang paling penting adalah bekerja sama sepenuhnya dengan pemerintah," katanya.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Mula Penyebaran Virus Corona di Korea Selatan

Dilansir dari AP, sebuah gereja yang pemimpinnya mengklaim bahwa dia adalah malaikat Yesus, telah menjadi kelompok infeksi virus terbesar di Korea Selatan, di mana gelombang kasus baru menimbulkan kekhawatiran bahwa wabah semakin tidak terkendali.

Sebanyak 152 kasus virus baru, termasuk kematian pertama di negara itu, telah ditemukan di kota tenggara Guarda dan daerah terdekat sejak Rabu. Sebagian besar telah dikaitkan berasal dari Daegu, dari Gereja Yesus Shincheonji, di mana dua kebaktian baru-baru ini dihadiri oleh seorang pasien yang sebelumnya dikonfirmasi terinfeksi.

Sedikit yang diketahui tentang "pasien nol" kecuali bahwa wanita di awal usia 60-an tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri baru-baru ini dan didiagnosis dengan pneumonia akhir pekan lalu. Dia awalnya menolak rekomendasi dokter untuk dites virus, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Sekitar 1.000 pengikut gereja Shincheonji yang menghadiri kebaktian hari Minggu bersamanya telah dikarantina di rumah mereka sementara pihak berwenang memeriksa mereka untuk virus tersebut. Otoritas kesehatan juga berusaha memantau ribuan lainnya.

Gereja Shincheonji menyalahkan wanita itu atas penyebaran penyakit itu, dan mengatakan sudah menyarankan para pengikut sejak akhir Januari untuk tinggal di rumah jika mereka usai bepergian ke luar negeri atau bahkan mengalami gejala seperti pilek. Pejabat Gereja mengatakan wanita itu mengira dia menderita flu biasa.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Gereja Kontroversial, Diduga Jadi Sumber Penyebaran Virus Corona di Korea Selatan

Shincheonji, yang mengklaim 200.000 pengikut di Korea Selatan, mengatakan pihaknya menutup semua 74 gerejanya di seluruh negara dan meminta anggota untuk mengikuti layanannya di YouTube.

Shincheonji, yang diterjemahkan sebagai "Langit dan Bumi baru," didirikan pada tahun 1984 oleh Lee Man-hee, yang telah dituduh oleh kelompok-kelompok Kristen lainnya sebagai nabi palsu atau pemimpin sesat. Gereja menggambarkan Lee sebagai "Pendeta Yang Dijanjikan," seorang pelayan Yesus yang diutus untuk bersaksi atas apa yang ia klaim sebagai nubuat yang digenapi dari Kitab Wahyu.

"Pengikut Shincheonji percaya Lee Man-hee adalah abadi dan memiliki kehidupan abadi," kata Ji-il Tark di Universitas Presbyterian Busan di Korea Selatan. "Untuk menyebarkan kepercayaan mereka, mereka sering mendekati kerabat dan kenalan mereka atau menyelinap ke gereja lain tanpa memberi tahu mereka bahwa mereka adalah anggota Shincheonji."

Tark mengatakan pengikut Shincheonji kemungkinan lebih rentan terhadap infeksi virus karena mereka sering duduk sangat dekat di lantai selama layanan. Di Shincheonji, menghadiri pertemuan yang berhubungan dengan gereja "bukan pilihan, tetapi persyaratan," katanya.

Gereja itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sepenuhnya bekerja sama dengan upaya karantina pemerintah dan menuduh kelompok-kelompok gereja arus utama menyebarkan klaim palsu, seperti yang awalnya memerintahkan para pengikut untuk tetap diam tentang penyakit itu.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.