Sukses

WHO: Seekor Anjing di Hong Kong Positif Terinfeksi Virus Corona

Seekor anjing di Hong Kong dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19, kata WHO.

Liputan6.com, Hong Kong - Seekor anjing di Hong Kong dinyatakan positif terinfeksi virus corona penyebab COVID-19, kata pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Jumat 28 Februari 2020. Kabar itu datang di tengah pandemi global yang telah menewaskan sedikitnya 2.859 manusia di seluruh dunia selama dua bulan terakhir, 

Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis program kedaruratan WHO mengatakan, anjing itu dipastikan "positif dalam tingkatan rendah (weak positive)" mengidap COVID-19 (Corona Virus Disease-2019), demikian seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (29/2/2020). Sebelum WHO mengonfirmasi, anjing itu telah diduga terinfeksi virus corona.

"Kami bekerja dengan mereka untuk memahami hasil, untuk memahami pengujian lebih lanjut yang mereka lakukan, dan untuk memahami bagaimana mereka akan merawat hewan-hewan ini," kata Kerkhove saat konferensi pers di kantor pusat WHO di Jenewa kemarin, waktu setempat.

Anjing itu dilaporkan milik seorang wanita berusia 60 tahun yang mengalami gejala COVID-19 pada 12 Februari 2020 dan kemudian dites positif, menurut The Wall Street Journal.

Otoritas Hong Kong Belum Yakin

Namun, para ilmuwan Hong Kong tidak yakin apakah anjing itu benar-benar terinfeksi atau apakah hanya membawa virus corona dari sebuah medium yang terkontaminasi.

Departemen Pertanian, Perikanan, dan Konservasi Hong Kong mengatakan, anjing itu tidak memiliki gejala. Kendati demikian, hasil seka (swab) rongga hidung dan rongga mulutnya teruji "positif dalam tingakatan rendah," kata mereka dalam sebuah pernyataan kemarin.

Anjing pengidap COVID-19 itu kini sedang dikarantina di sebuah fasilitas di sebuah pelabuhan di Hong Kong dan akan dikembalikan kepada pemiliknya setelah tes negatif untuk virus, menurut departemen tersebut.

Selain itu, sebagai tindakan pencegahan, pemerintah Hong Kong mengumumkan agar kucing, anjing, dan mamalia peliharaan lainnya yang pemiliknya dinyatakan positif dan telah dikarantina akibat terinfeksi virus corona COVID-19 akan dikumpulkan dan dikirim ke fasilitas “pemeliharaan hewan” untuk pengawasan karantina dan veteriner.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penularan COVID-19 dari Hewan Peliharaan ke Majikan Belum Terbukti

Meskipun virus penyebab penyakit itu dilaporkan bersumber dari binatang --para ilmuwan menduga kelelawar-- saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat terinfeksi virus corona, kata departemen itu. Namun, situasinya masih berkembang, kata para ilmuwan.

Sementara itu, pada Kamis, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS mengatakan enam perusahaan obat hewan yang mencari bahan baku atau membuat produk jadi di China telah mengindikasikan mereka melihat gangguan dalam rantai pasokan yang segera dapat menyebabkan kekurangan suplai.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan para majikan membatasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain jika pemiliknya terinfeksi COVID-19. Itu termasuk "membelai, mememeluk, dicium atau dijilat, dan berbagi makanan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.