Sukses

29-2-1984: PM Kanada Pierre Trudeau Mundur Setelah 15 Tahun Lebih Menjabat

Pada 29 Februari 1984, Pierre Trudeau mengundurkan diri dari jabatannya sebagai PM Kanada.

Liputan6.com, Kanada - Pada hari ini, tepatnya 36 tahun lalu, Pierre Trudeau mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Kanada. Ia mengumumkan pengundurannya setelah lebih dari 15 tahun menjabat sebagai perdana menteri.

Sebelumnya, Pierre Trudeau memicu banyak spekulasi pihak media, yang mencari tahu alasan kemundurannya.

Melansir BBC on this Day, Pierre Trudeau mengatakan kepada House of Commons bahwa ia mengundurkan diri karena “hari ini adalah hari pertama dari sisa hidup saya.”

Menurut pihak berwenang, hal yang diyakini sebagai alasan utama pengunduran dirinya adalah terkait ketidakpuasan atas perannya sebagai pemimpin negara dengan masalah ekonomi serius, serta jumlah pengangguran yang tinggi.

Selama masa jabatannya, Pierre Trudeau telah memikat Kanada dengan kepribadiannya yang kuat dan visi tanpa kompromi tentang masyarakat yang bilingual dan adil. Ia juga menentang separatis Quebec karena khawatir mereka akan memecah belah negara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosok Pierre Trudeau Selama Menjabat

Pierre Trudeau telah memikat bangsa dengan kepribadiannya yang kuat selama menjabat menjadi PM Kanada.

Partai liberalnya yang telah berkuasa sejak 1968, namun pada 1979 kehilangan popularitas karena telah mengalami penurunan di bidang ekonomi. 

Tetapi, sebagai orang Kanada yang bisa berbahasa Prancis, ia mengakui aspirasi Francophones dan mendorong sebuah undang-undang yang menjadikan Inggris dan Prancis bahasa resmi Kanada. 

Selain itu, ia juga turut mempertahankan kebijakan luar negeri yang jelas berbeda dari Amerika Serikat. Trudeau juga mengakui Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1970 dan membina hubungan baik dengan pemimpin komunis Kuba Fidel Castro.

Setelah mundurnya Trudeau dari jabatannya, kandidat favorit memenangkan kontes kepemimpinan mendatang untuk Partai Liberal adalah John Turner, yang merupakan seorang mantan anggota kabinet Trudeau, dengan kandidat favorit kedua adalah Menteri Energi Jean Chretien.

John Turner memenangkan pemilihan kepemimpinan partai Liberal akhir tahun itu, tetapi Liberal kalah dari Konservatif Brian Mulroney pada tahun 1984.

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.