Sukses

Banjir Jakarta Hari Ini Jadi Sorotan Media Asing

Banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya pada Selasa 25 Februari 2020 ikut disorot media asing.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir yang melanda Jakarta hari ini, 25 Februari 2020 menjadi sorotan media internasional. Pasalnya, banjir besar baru saja melanda Jakarta pada beberapa waktu lalu, tepatnya saat tahun baru 2020. Namun, kini banjir kembali menggenang lantaran hujan yang tak kunjung berhenti sejak semalam. 

Banjir dalam waktu berdekatan ini yang jadi sorotan sejumlah media asing.

Media asing asal Singapura, Straits Times dan Channel News Asia menyoroti bencana banjir yang sedang menghadang Jakarta. Mulai dari pemadaman listrik massal hingga proses penyelamatan para korban banjir.

Channel News Asia menuliskan dengan judul "Torrential rains flood Indonesia capital, power supplies cut". Artikel tersebut menyorot soal pemadaman serentak yang dilakukan seiringan dengan banjir yang melanda. 

"Hujan deras membawa banjir ke ibu kota Indonesia pada Selasa (25 Februari), melumpuhkan sebagian besar kota karena pekerja penyelamat menggunakan perahu untuk menavigasi jalan-jalan yang berubah menjadi jalur air berwarna cokelat yang suram untuk menyelamatkan orang-orang," tulis Strait Times dalam artikelnya berjudul "Indonesia’s capital hit by serious flooding for second time this year".

Media lainnya yang juga berasal dari negeri tetangga, Malaysia, menuliskan artikelnya berjudul "Floods hit Jakarta creating chaos for commuters"

"Penduduk Jakarta sekali lagi terbangun oleh banjir yang meluas pada hari Selasa (25 Februari) setelah hujan lebat di ibu kota dan daerah sekitarnya pada malam hari. Banjir ringan hingga parah di Jabodetabek telah melumpuhkan lalu lintas di beberapa jalan utama dan mengganggu sejumlah layanan transportasi umum," tulis media The Star. 

Media bisnis asal Amerika Serikat, Bloomberg menyoroti kejadian ini dalam artikelnya yang bertajuk "Jakarta Hit by Flooding as Cyclones Trigger Heavy Rainfall."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Istana Negara Bahkan Tergenang

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa (25/2/2020) dini hari hingga pagi menyebabkan banjir di sejumlah ruas jalan. Tidak terkecuali wilayah sekitar istana kepresidenan yang juga tergenang air.

Hal itu diketahui dari video dan foto yang diberikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dia menjelaskan foto dan video tersebut diambil oleh petugas Istana Kepresidenan.

"Istana Banjir, itu foto dan video dari petugas Istana," kata Pramono di Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Dalam foto tersebut tampak air menggenang disekitar masjid yang berada diarea dalam Istana. Sementara dalam video juga terlihat air menggenang dilorong bagian luar istana.

Namun ketika dikonfirmasi kembali, sekitar pukul 7.00 WIB, banjir sudah surut. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

"Tidak ada lagi genangan, ini sekitar pukul 7-an," kata Bey.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.