Sukses

Terkuak, Binatang Ini Jadi yang Pertama Tak Bernapas di Bumi

Binatang ini disebut para ilmuwan sebagai satu-satunya hewan yang dikenal di Bumi tidak bernafas.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika gumpalan parasit yang dikenal sebagai Henneguya salminicola menenggelamkan spora ke dalam daging, ia tidak bisa menahan nafas. Itu karena H. salminicola adalah satu-satunya hewan di Bumi yang diketahui tidak bernafas.

Semua hewan multiseluler lain di Bumi memiliki beberapa gen pernapasan. Namun, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan pada Senin, 24 Februari 2020 dalam jurnal Proceedings of National Academy of Sciences, genom H. salminicola diketahui tidak memilikinya.

Dilansir Live Science, Selasa (24/2/2020), sebuah analisis mikroskopis dan genomik makhluk itu mengungkapkan bahwa tidak semua hewan lain seperti H. salminicola tidak memiliki genom mitokondria - bagian kecil namun penting dari DNA yang disimpan dalam mitokondria hewan yang mencakup gen untuk respirasi.

Seperti banyak parasit dari kelas myxozoa, H. salminicola secara bertahap telah berevolusi untuk tidak memiliki sifat multiselulernya.

"Mereka telah kehilangan jaringan, sel-sel saraf, otot-otot mereka, semuanya,” kata rekan penulis studi Dorothée Huchon, seorang ahli biologi evolusi di Universitas Tel Aviv di Israel, kepada Live Science. “Dan sekarang kita mendapati mereka kehilangan kemampuan bernapas.”

Saksikan video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perampingan Genetik

Perampingan genetik itu kemungkinan memberikan keuntungan bagi parasit seperti H. salminicola, yang berkembang dengan mereproduksi secepat dan sesering mungkin, kata Huchon.

Myxozoa memiliki beberapa genom terkecil di dunia yang membuatnya sangat efektif.

Sementara H. salminicola relatif jinak, parasit lain telah menginfeksi dan memusnahkan seluruh stok perikanan, kata Huchon, menjadikannya ancaman bagi ikan dan nelayan komersial.

Ketika terlihat keluar dari daging ikan putih, gelembung keluar, H. salminicola terlihat seperti serangkaian gumpalan uniseluler. (Ikan yang terinfeksi H. salminicola dikatakan memiliki “penyakit tapioca”).

Hanya spora parasit yang menunjukkan kompleksitas. Ketika dilihat di bawah mikroskop, spora ini terlihat seperti sel sperma kebiruan dengan dua ekor dan sepasang mata oval, seperti alien.

3 dari 3 halaman

Menyengat

Mata H. salminicola itu sebenarnya merupakan sel yang menyengat, kata Huchon yang merupakan penulis studi ini, namun sengatannya tidak mengandung racun. Tugasnya adalah membantu parasit menempel pada inang saat dibutuhkan.

Sel-sel menyengat ini adalah satu-satunya fitur H. salminicola yang tidak dibuang dalam perjalanan perampingan evolusinya.

“Hewan selalu dianggap organisme multiseluler dengan banyak gen yang berevolusi menjadi semakin kompleks,” kata Huchon. “Di sini, kita melihat organisme yang sepenuhnya bertolak belakang. Mereka telah berevolusi menjadi hampir bersel tunggal.”

Jadi, bagaimana H. salminicola mendapatkan energi jika tidak bernafas?

Para peneliti tidak sepenuhnya yakin. Menurut Huchon, parasit serupa lainnya memiliki protein yang dapat mengimpor ATP (pada dasarnya, energi molekuler) langsung dari inangnya yang terinfeksi.

H. salminicola bisa melakukan hal yang serupa, tetapi studi lebih lanjut tentang genom organisme eksentrik masih diperlukan untuk mencari tahu.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.