Sukses

Presiden China Apresiasi Upaya Bill & Melinda Gates Foundation Perangi COVID-19

Xi Jinping menulis surat balasan untuk Bill Gates, salah satu ketua Bill&Melinda Gates Foundation yang memberikan bantuan saat wabah Virus Corona COVID-19.

Liputan6.com, Beijing - Presiden China Xi Jinping menulis surat balasan untuk Bill Gates, salah satu ketua Bil l& Melinda Gates Foundation, setelah menerima surat dari pemimpin bisnis asal Amerika Serikat (AS) tersebut mengenai penyakit Virus Corona baru (COVID-19).

Dalam suratnya yang tertanggal 20 Februari, Presiden Xi Jinping menulis, "Saya sangat menghargai kemurahan hati Bill & Melinda Gates Foundation dan surat solidaritas Anda untuk warga China di momen yang penting ini."

Gates mengatakan dalam suratnya pada 6 Februari bahwa yayasannya telah berkomitmen untuk menyalurkan dana darurat senilai 100 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp13.777), yang sebagian besar akan digunakan untuk membantu China dalam memperkuat penelitian epidemiologi, intervensi darurat, serta penelitian dan pengembangan obat-obatan, vaksin dan diagnostik.

"Sejak epidemi merebak, Saya telah menyerukan keyakinan, persatuan, pendekatan berbasis ilmu pengetahuan dan respons yang tepat sebagai pedoman bagi upaya pengendalian epidemi China, " tulis Xi dalam suratnya seperti dikutip dari Xinhua News, Minggu (23/2/2020) 

"Kami telah menyatukan seluruh China dan mengadopsi serangkaian tindakan yang belum pernah ada sebelumnya untuk mengendalikan dan membatasi epidemi serta mengobati orang yang terinfeksi," tulis Xi, seraya menambahkan bahwa tindakan luar biasa ini memberikan hasil yang substansial.

"Kami bertekad melindungi kehidupan dan kesehatan rakyat China, dan semua negara di dunia. Kami bertekad melaksanakan bagian kami untuk menegakkan keamanan kesehatan masyarakat global," tambah Xi.

 

Saksikan Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Butuh Persatuan

Mencatat bahwa umat manusia merupakan komunitas dengan masa depan bersama, Xi menulis bahwa untuk dapat memenangkan perang melawan penyakit yang mengancam semua pihak, persatuan dan kerja sama adalah senjata yang paling ampuh.

"Yayasan ini bertindak cepat dalam bergabung dengan aksi global dan telah memainkan peran aktif dalam respons global melawan epidemi," kata Xi.

"Saya mendukung kerja sama Anda dengan sejumlah lembaga China yang relevan, dan berharap dapat meningkatkan koordinasi dan upaya bersama di komunitas internasional demi kesehatan dan kesejahteraan seluruh umat manusia," tambah Xi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.