Sukses

Bikin Kagum, Musisi Ini Jalani Operasi Tumor Otak Sambil Main Biola

Seorang pasien di London memainkan biola di tengah proses operasinya guna mengidentifikasi bagian otak agar tidak rusak.

Liputan6.com, London - Dengan memainkan biola di tengah proses operasi tumor otak, seorang musisi yang berasal dari Inggris membuktikan bahwa musik klasik dapat merangsang pikiran dalam lebih dari satu cara.

Ahli bedah di Rumah Sakit King's College di London berhasil mengangkat tumor otak dari seorang wanita yang memainkan biola selama proses operasi. Hal ini tentu tidak biasa dilakukan, karena pada umumnya pasien akan dibius total selama proses operasi berlangsung.

Iringan dari irama biola itu dimainkan bukan dengan maksud untuk menenangkan para ahli bedah, melainkan tim bedah ingin memastikan bahwa bagian-bagian otak Turner yang bertanggung jawab atas gerakan halus tidak rusak selama prosedur yang rumit.

Melansir dari AP News, Kamis (20/2/2020), Dagmar Turner (53), memetakan otaknya sebelum operasi untuk mengidentifikasi area otak yang aktif saat ia memainkan biola dan bagian lain yang bertanggung jawab untuk mengendalikan bahasa dan gerakan.

Pihak rumah sakit mengatakan bahwa alasan dokter membangunkan Turner di tengah proses operasi, agar ia bisa bermain untuk memastikan ahli bedah tidak merusak area penting di otak yang mengendalikan gerakan tangan Dagmar.

Melalui video yang berdurasi 20 detik ini, dapat terlihat bagaimana Dagmar Turner dengan mengagumkan memainkan skala kompleks pada biolanya sementara ahli bedah memantau otaknya dalam kondisi terbuka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

90 Persen Tumor Berhasil Dihilangkan

"Kami tahu betapa pentingnya biola bagi Dagmar, jadi sangat penting bagi kami untuk menjaga fungsinya di area otaknya yang rapuh yang memungkinkannya bermain," kata ahli bedah saraf Profesor Keyoumars Ashkan.

Turner yang bermain di Orkestra Simfoni Isle of Wight dan berbagai kelompok paduan suara, meninggalkan rumah sakit tiga hari kemudian dan berharap dapat segera kembali untuk bermain orkestra. Mengingat keduanya sesama pecinta musik, Dagmar memberi pujian penuh atas upaya yang dilakukan Ashkan.

Para dokter berhasil menghilangkan lebih dari 90 persen tumor, termasuk semua area yang mencurigakan aktivitas agresif, sembari mempertahankan fungsi penuh di tangan kirinya.

Turner juga sempat memiliki kekhawatiran jika nantinya kehilangan kemampuan untuk bermain biola. "Pikiran tentang kehilangan kemampuan saya untuk bermain biola sangat memilukan, namun sebagai seorang musisi sendiri, Profesor Ashkan memahami kekhawatiran saya," katanya.

Profesor Ashkan dan rekan tim di rumah sakit King telah berusaha keras untuk merencanakan operasi, mulai dari dari memetakan otak Dagmar hingga merencanakan posisi yang diperlukan saat bermain biola.

 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.