Sukses

Pindahkan Salju dengan Helikopter, Resor Ski Prancis Bikin Marah Ahli Ekologi

Sebuah resor ski Prancis (Luchon-Superbagnères) telah membuat marah para ahli ekologi dengan menggunakan helikopter untuk memindahkan salju dari pegunungan yang lebih tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah resor ski Prancis (Luchon-Superbagnères) telah membuat marah para ahli ekologi dengan menggunakan helikopter untuk memindahkan salju dari pegunungan yang lebih tinggi, setelah cuaca yang sangat dingin membuat lerengnya terbuka.

Para pejabat di Luchon-Superbagnères di Pyrenees mengizinkan operasi darurat 'luar biasa' itu pada Jumat 14 Februari malam. Helikopter menghabiskan dua jam mengangkut 50 ton salju dan dijatuhkan di lereng yang lebih rendah yang biasanya digunakan oleh pemain pemula ski dan sekolah ski.

Hervé Pounau, direktur dewan departemen setempat, mengatakan biaya operasi akan dapat dikompensasi berkali-kali oleh bisnis yang akan hilang karena kekurangan salju.

"Ini akan menelan biaya antara € 5.000 dan € 6.000, karena kami tahu bahwa dalam jangka panjang kami akan mendapatkan setidaknya 10 kali pengembalian atas investasi itu," kata Pounau dalam sebuah pernyataan.

Dilansir The Guardian, Senin (17/2/2020), hal ini dilakukan agar tempat ski ini tetap buka dan dapat melindungi 50 hingga 80 pekerjaan seperti operator lift, guru sekolah ski, pengasuh anak, staf toko penyewaan peralatan ski, dan pemilik restoran, kata Pounau.

Saksikan video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Punya Pilihan

"Kita tidak akan menutupi seluruh stasiun ski di salju, tetapi tanpanya kita harus menutup sebagian besar dari domain ski, dan selama liburan itulah kita memiliki aktivitas paling banyak untuk pemula dan sekolah ski," kata Pounau.

Dia mengakui bahwa yang dilakukan memang sangat tidak ekologis, tetapi ia menambahkan, "Ini benar-benar luar biasa dan kami tidak akan melakukannya lagi. Kali ini kami tidak punya pilihan."

Operasi itu membuat marah ahli ekologi Prancis. Bastien Ho, sekretaris partai Écologie Les Verts Eropa, yang mengatakan operasi pemindahan salju adalah bukti dari "dunia yang terbalik."

"Alih-alih beradaptasi dengan pemanasan global, kita akan berakhir dengan masalah ganda: sesuatu yang menghabiskan banyak energi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global dan bahwa selain itu hanya untuk sekelompok elit orang yang mampu membelinya. Dunia ini terbalik," katanya kepada televisi Prancis.

3 dari 3 halaman

Liburan Olahraga Musim Dingin

Liburan semester Februari-Maret di Prancis yang dikenal sebagai "liburan olahraga musim dingin," berjalan selama enam minggu di berbagai daerah dan merupakan waktu tersibuk tahun ini untuk resor pegunungan di negara itu.

Luchon-Superbagnères bergantung pada periode ini untuk 60% dari pendapatannya, tetapi cuaca yang sangat ringan telah memaksa resor untuk menutup semua, kecuali enam dari 28 lerengnya.

Ini adalah pertama kalinya helikopter digunakan untuk mengangkut salju dari ketinggian yang lebih tinggi ke resor yang lebih rendah di Pyrenees, meskipun operasi serupa telah dilakukan di pegunungan Alpen.

Pejabat setempat mengatakan salju akan menjamin bahwa pemula dapat menikmati lereng yang lebih rendah dan instruktur ski dapat melanjutkan kelas selama dua minggu ke depan.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.