Sukses

Turki Kerahkan 2.000 Kendaraan Militer ke Suriah

Dalam 12 hari terakhir, pasukan Turki telah mengerahkan 2.000 kendaraan militer ke Suriah utara.

Liputan6.com, Jakarta Dalam 12 hari terakhir, pasukan Turki telah mengerahkan 2.000 kendaraan militer ke Suriah utara. Konvoi militer terbaru yang melibatkan 50 kendaraan memasuki Suriah pada Minggu (16/2/2020) dini hari.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, tentara Turki mengerahkan bantuan militer ke sejumlah area yang dikuasai para pemberontak dukungan Turki di wilayah pedesaan di provinsi Idlib dan Aleppo, Suriah utara.

Kelompok pemantau perang yang berbasis di Inggris itu mengatakan, sekitar 6.500 tentara Turki dikerahkan ke sejumlah wilayah di Idlib dan Aleppo secara bersamaan.

Pengiriman bantuan militer Turki itu dilakukan ketika pasukan Suriah berhasil merebut area-area penting di kedua provinsi dalam dua bulan terakhir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Turki Telah Jadi Musuh Suriah

Suriah semakin gencar memprotes Turki yang mendukung kelompok-kelompok pemberontak tersebut, seperti dilansir Xinhua, Minggu (16/2/2020).

Pada Jumat 14 Februari, Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad mengatakan kepada stasiun televisi Lebanon al-Mayadeen bahwa Turki telah menjadi "negara musuh" bagi Suriah. Karena "negara itu menduduki wilayah Suriah dan membawa masuk para teroris."

Dia menambahkan, Suriah memiliki "hak kedaulatan" untuk menentang "pendudukan" Turki dan Amerika Serikat di wilayahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.