Sukses

Indonesia Berkomitmen Memajukan Isu Kesehatan dalam Pertemuan OKI di Jeddah

Indonesia berkomitmen memajukan isu kesehatan.

Liputan6.com, Jeddah- Sebagai persiapan pertemuan Council of Foreign Ministers (KTM) ke-47, Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) telah menggelar pertemuan Senior Officials Meeting ke-47 mereka.

Diselenggarakan di Markas Besar OKI di Kota Jeddah, Arab Saudi, pertemuan ini dipimpin Nigeria sebagai ketua periode tahun 2020-2021, dan bertemakan "United Against Terrorism for Peace and Development ", menurut siaran pers Kementrian Luar Negeri Indonesia, Kamis (13/2/2020).

Pertemuan Senior Officials Meeting ini dikabarkan membahas isu politik terkait Palestina khususnya penolakan secara mutlak terhadap deal of the century, isu pembangunan, dan sosial budaya. Indonesia pun menyuarakan pentingnya isu kesehatan dalam pertemuan ini, juga menegaskan komitmen mereka dalam memajukannya.

Indonesia juga dikabarkan telah mendapat kepercayaan sebagai OIC Center of Excellence for Vaccines and Biotechnology Products di Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontribusi dan Apresiasi

Terhubung dengan kepercayaan yang didapatkan, Indonesia pada bulan Oktober 2019 lalu telah menyelenggarakan Workshop on Cold Chain Management yang menghasilkan "Jakarta Declaration and OIC National Medicine Regulatory Authority’s (NMRAs) Plan of Action".

Selain itu, mengoptimalkan perannya sebagai Ketua Foreign Policy and Global Health juga merupakan komitmen yang akan dijalani oleh Indonesia agar meraih hasil konkret yang bermanfaat bagi negara anggota OKI.

Dalam pertemuan kali ini, beberapa hal yang penting bagi Indonesia adalah adanya dukungan penuh dari anggota OKI terhadap Halal Industry Summit yang akan digelar di Indonesia pada November 2020 mendatang.

Penyelenggaraan OIC Contact Group on Peace and Dialogue (OIC CG PD) pada 2019 lalu juga mendapatkan apresiasi dari para anggota OKI terhadap prakarsa Indonesia, yang berhasil mengesahkan "Plan of Action in Combating Islamophobia, Religious Discrimination, Intolerance, and Hatred towards Muslims".

Kontribusi Indonesian Aid dalam pembangunan rumah sakit di Myaung Bwe, Rakhine State, juga mendapatkan apresiasi yang sangat baik dari seluruh anggota OKI.

Seluruh rancangan resolusi yang diadopsi dalam Senior Officials Meeting dikabarkan akan disahkan pada tanggal 3 – 4 April 2020 mendatang dalam KTM ke-47 OKI di Niamey, Nigeria.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.