Sukses

Gempa Magnitudo 5,2 Mengguncang Jepang

Gempa bumi mengguncang kawasan Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 melanda sekitar 20 mil di lepas pantai Provinsi Fukushima, Jepang. Lebih dari 50 mil dari kota dengan nama yang sama.

Mengutip Daily Mail, Rabu (12/2/2020), saksi mata mengatakan mereka merasakan goncangan selama 10 detik selama gempa bumi terjadi sekitar pukul 19.30 waktu setempat.

Sejauh ini belum ada peringatan tsunami dikeluarkan oleh badan meteorologi Jepang akibat gempa di lepas pantai timur Jepang hari ini.

Sebelumnya pada Selasa 18 Juni 2019, gempa bumi bermagnitudo 6,4 melanda pantai Jepang. Titik pusat lindu berada pada 85 kilometer bagian timur laut Pulau Honshu, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Gempa bumi terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal 16,1 km, mengutip Channel News Asia. Adapun lindu dangkal biasanya menyebabkan lebih banyak kerusakan.

Saat itu Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami di sepanjang pantai barat laut pulau yang dimaksud. Lembaga yang sama juga mengatakan, gelombang diperkirakan telah mencapai beberapa garis pantai di Yamagata dan Niigata.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.