Sukses

5 Cara Tepat Pakai Masker Cegah Virus Corona Sesuai Anjuran WHO

Memakai masker menjadi salah satu upaya mencegah tertularnya Virus Corona jenis baru.

Liputan6.com, Jakarta - Memakai masker menjadi salah satu upaya mencegah tertularnya Virus Corona jenis baru. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO pun mengeluarkan anjuran tentang tata cara dan waktu yang tepat untuk menggunakan masker di tengah merebaknya virus bernama Covid-19 itu.

Dalam kondisi sehat, setiap orang hanya perlu mengenakan masker pelindung jika merawat pasien yang diduga terinfeksi Virus Corona. Selain itu, juga perlu mengenakan masker jika batuk atau bersin.

Penggunaan masker hanya akan efektif jika dibarengi dengan frekuensi mencuci tangan yang sering menggunakan air mengalir dan sabun berbahan dasar alkohol.

Jika mengenakan masker, perlu tahu tata cara menggunakan dan membuang masker yang tepat. Berikut ini cara tepat menggunakan masker untuk mencegah penularan Virus Corona, seperti dilansir Xinhua, Rabu (12/2/2020):

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sebelum mengenakan masker, cuci tangan terlebih dahulu dengan air dan sabun berbahan dasar alkohol.

3 dari 6 halaman

2. Tutup bagian mulut dan hidung dengan masker dan pastikan masker terpasang rapat hingga tidak ada celah antara masker dengan wajah.

4 dari 6 halaman

3. Hindari menyentuh masker dengan tangan saat digunakan. Jika menyentuhnya, maka cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun berbahan dasar alkohol.

5 dari 6 halaman

4. Ganti masker dengan yang baru sesegera mungkin setelah masker terasa lembap, dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai yang sudah digunakan.

6 dari 6 halaman

5. Untuk mengganti masker, lepaskan masker dari belakang dan jangan menyentuh bagian depan masker. Kemudian buanglah masker di tempat sampah tertutup, lalu bersihkan tangan menggunakan air mengalir dan sabun berbahan dasar alkohol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.