Sukses

11-2-2012: Penyanyi Amerika Whitney Houston Ditemukan Meninggal Dunia

Tepat 8 tahun yang lalu, Whitney Houston, yang merupakan salah satu artis dan penyanyi wanita asal Amerika paling terkenal sepanjang masa, meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 8 tahun yang lalu, Whitney Houston, yang merupakan salah satu artis dan penyanyi wanita asal Amerika paling terkenal sepanjang masa, ditemukan meninggal dunia. Ia wafat pada usia 48.

Juru bicaranya, Kristen Foster, mengonfirmasi kematiannya pada 12 Februari 2012 dini hari. Polisi mengatakan dia ditemukan tewas di kamar hotelnya di Los Angeles.

Dilansir The Guardian, Selasa (11/2/2020), juru bicara kepolisian Mark Rosen mengatakan kepada wartawan bahwa Houston dinyatakan meninggal pada pukul 15.15 waktu setempat di kamarnya di lantai empat Beverly Hilton Hotel.

Whitney Houston berada di Beverly Hills untuk Grammy Awards yang akan berlangsung sehari sebelum ia wafat. Dia meninggal beberapa jam sebelum dia tampil di pesta pra-Grammy tahunan.

Houston adalah salah satu artis terlaris di dunia pada puncaknya di tahun 80-an dan 90-an. Ia berhasil menjual lebih dari 170 juta album. Di antara ratusan penghargaannya, ia pernah duduk di dua Emmy dan enam Grammy saat ia terkenal lewat lagu-lagu hits seperti I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me) dan Saving All My Love For You.

Saksikan video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyalahgunaan Narkoba

Sayangnya, suara dan citranya yang mencolok, bersama dengan rekor penjualannya menjadi rusak dalam beberapa tahun terakhir oleh minuman dan penyalahgunaan narkoba. Penampilannya di depan umum juga menjadi semakin tidak menentu dan dia mengaku menggunakan kokain, marijuana, dan pil sehingga dia tidak bisa mencapai nada tinggi yang dia lakukan di masa jayanya.

Terlepas dari masalah pribadinya, dia memberikan kasih sayang yang besar di antara rekan-rekan industri musiknya.

"Saya benar-benar sedih mendengar berita meninggalnya Whitney," kata produser musik legendaris Quincy Jones dalam sebuah pernyataan. "Aku selalu menyesal tidak memiliki kesempatan untuk bekerja dengannya. Dia benar-benar asli dengan bakat luar biasa. Aku akan sangat merindukannya," tambahnya.

Neil Portnow, presiden Akademi Rekaman, yang mengelola Grammy, mengatakan produser acara sedang berupaya untuk menghormati penyanyi itu di depan banyak teman di antara hadirin.

Berdiri di karpet merah di luar hotel, Portnow mengatakan mereka akan "mencoba merayakan hidupnya," dan menyebut Houston sebagai "seorang penyanyi yang baik hati" yang kerja tubuhnya "mengejutkan."

3 dari 3 halaman

Debut Houston

Album debut Houston pada 1985, terjual jutaan. Saving All My Love for You membawakannya Grammy pertamanya, untuk vokal pop wanita terbaik.

Houston memang tampak dilahirkan untuk kebesaran. Dia adalah putri penyanyi Injil Cissy Houston, sepupu diva pop 60-an Dionne Warwick, dan putri baptis Aretha Franklin. Dia mulai bernyanyi di gereja sebagai seorang anak dan di masa remajanya, dia adalah penyanyi pendukung untuk Chaka Khan dan Jermaine Jackson.

Setelah kematiannya, Franklin merilis pernyataan yang mengatakan, "Saya tidak bisa membicarakannya sekarang. Ini sangat menakjubkan dan tidak bisa dipercaya. Saya tidak percaya apa yang saya baca datang di layar TV. Hati saya tertuju pada Cissy, putrinya. Bobbi Kris, keluarganya dan Bobby (Brown)."

Houston menikah dengan penyanyi Bobby Brown pada 1992, ketika The Bodyguard menjadikannya bintang akting. Tetapi pernikahan mereka yang berbatu-batu, di mana Brown ditangkap beberapa kali dengan tuduhan kekerasan dalam rumah tangga, berakhir dengan perceraian pada 2007.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.