Bill Gates Pesan Kapal Pesiar Senilai Rp 8 M Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 10 Feb 2020, 19:40 WIB
Diperbarui 10 Feb 2020, 19:40 WIB
Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Bill Gates telah memesan superyacht atau kapal pesiar bertenaga hidrogen pertama di dunia, yang bernilai sekitar £ 500 juta atau Rp 8 miliar dengan fasilitas kolam renang tanpa batas, helipad, spa, dan gym.

Miliarder pendiri Microsoft ini telah menugaskan kapal Aqua yakni kapal mewah 112 meter (370 kaki) yang sepenuhnya ditenagai oleh hidrogen cair yang dipublikasikan tahun lalu di yacht Monaco yang diperlihatkan oleh perusahaan desain Belanda Sinot.

Berbicara tentang proyek tersebut tahun lalu, perancang kelautan Sander Sinot mengatakan, "Untuk pengembangan Aqua kami mengambil inspirasi dari gaya hidup pemilik yang berwawasan ke depan, fleksibilitas cairan air dan teknologi canggih, untuk menggabungkan ini dalam sebuah kapal superyacht dengan fitur-fitur yang benar-benar inovatif."

Dilansir The Guardian, Senin (10/2/2020), kapal ini memiliki lima deck dan ruang untuk menampung 14 tamu dan 31 anggota awak. Dalam fitur ramah lingkungan, mangkuk api berbahan bakar gel memungkinkan para tamu untuk tetap hangat di luar tanpa harus membakar kayu atau bara.

2 dari 4 halaman

Fitur Mutakhir Lainnya

Kapal Pesiar
Perbesar
Ilustrasi Kapal Pesiar (iStockphoto)

Fitur paling mutakhirnya tersimpan di bawah geladak - dua tangki bersegel vakum 28 ton yang didinginkan hingga -423F (-253C) dan diisi dengan hidrogen cair, yang memberi daya pada kapal.

Bahan bakar itu akan menghasilkan tenaga untuk dua motor satu-megawatt dan baling-baling melalui sel bahan bakar on-board, yang menggabungkan hidrogen dengan oksigen untuk menghasilkan listrik.

Kapal itu tidak mungkin naik ke laut sebelum 2024, demikian menurut Sunday Telegraph, yang melaporkan komisi Gates. Ketika berlayar, ia memiliki potensi untuk mencapai kecepatan 17 knot (sekitar 20 mph) dan menempuh 3.750 mil (kira-kira berjarak dari London ke New York) sebelum akhirnya harus mengisi bahan bakar lagi.

The Sunday Telegraph mengatakan, kapal itu akan memiliki “cadangan diesel” karena kelangkaan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

3 dari 4 halaman

Orang Terkaya Kedua di Dunia

Bill Gates
Perbesar
Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOSHUA LOTT)

Gates (64) yang saat ini berada di peringkat sebagai orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan $ 118bn, adalah seorang turis biasa yang tidak pernah memiliki kapalnya sendiri. Biasanya ia menyewa kapal untuk penggunaannya sendiri, di masa lalu ia telah berlibur di pantai Sardinia di atas kapal pesiar Serene senilai $ 330 juta, yang dimiliki oleh raja vodka Stolichnaya, Yuri Scheffler.

Investasi ini menggarisbawahi minat lama Gates pada bahan bakar alternatif, dan antusiasmenya terhadap teknologi baru yang dapat mengatasi emisi dari industri dan transportasi yang bersama-sama membentuk 75% dari jejak karbon dunia.

Dia adalah seorang investor di Heliogen, sebuah perusahaan startup California yang bertujuan mengubah sinar matahari menjadi sumber panas melebihi 1000C yang dapat membantu menggantikan bahan bakar fosil. Ini adalah perusahaan pertama di dunia yang memusatkan sinar matahari untuk mencapai suhu yang cukup tinggi guna memberi daya pada industri berat tanpa emisi karbon.

Gates juga berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk tujuan-tujuan baik melalui The Bill dan Melinda Gates Foundation. Minggu ini dia menyumbangkan $ 100 juta untuk membantu mengatasi Virus Corona.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

4 dari 4 halaman

Saksikan video berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓