Sukses

7 Fakta Canberra, Inspirasi Ibu Kota Baru Indonesia

Presiden Jokowi mengaku terpikat dengan Canberra. Kota itu pun menjadi salah satu inspirasi ibu kota baru Indonesia.

Liputan6.com, Canberra - Presiden Jokowi terpikat dengan kota Canberra di Australia. Aspek-aspek positif dari kota itu akan menjadi inspirasi bagi pemerintah dalam pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.  

Kunjungan Jokowi ke Australia sebetulnya untuk membahas isu ekonomi. Kini, Jokowi turut tertarik mempelajari lebih dalam terkait kota Canberra. Ia membahasnya bersama Perdana Menteri Scott Morrison dan Gubernur Jenderal David Hurley.

"Yang baik-baik akan kita ambil untuk pembangunan ibu kota baru, baik manajemennya, baik tata kotanya," ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/2/2020).

Presiden Jokowi di tengah rintikan hujan menyempatkan berkunjung ke Mount Ainslie yang memiliki lokasi strategis untuk menatap kota Canberra yang juga merupakan ibu kota Australia.

Seperti apa hal-hal menarik di kota Canberra? Berikut 7 faktanya seperti dilansir Visit Canberra, National Geographic, dan sumber pemerintahan Australia:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Canberra berada di Australian Capital Territory (ACT). Luas kotanya 814 km persegi dan populasinya berjumlah 420 ribu.

3 dari 8 halaman

2. Sebelumnya, Sydney dan Melbourne bersaing ingin menjadi Ibu Kota Australia. Akhirnya Canberra dipilih sebab lokasinya di tengah keduanya.

4 dari 8 halaman

3. Hari lahir Canberra adalah 12 Maret 1913. Tiap tahun, tanggal itu dirayakan sebagai hari Canberra.

5 dari 8 halaman

4. Ada danau buatan di Canberra, yaitu Lake Burley Griffin. Danau ini punya luas 6,6 Km dan menjadi lokasi turis populer.

6 dari 8 halaman

5. Apa Arti Canberra? Ada yang menyebut artinya sebagai Tempat Pertemuan.

7 dari 8 halaman

6. Di Canberra, ada Museum of Australian Democracy (MoAD) yang merupakan gedung parlemen lama. Museum ini selalu menyajikan acara menarik bagi pengunjung.

8 dari 8 halaman

7. Pada simbol Canberra, tampak angsa hitam yang mewakili Aborigin dan angsa putih yang mewakili pendatang Eropa. Motto Canberra: Untuk Ratu, Untuk Hukum, Untuk Rakyat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.