Sukses

10-2-1970: Salju Longsor di Resor Ski Prancis Tewaskan 39 Orang

Pada 10 Februari 1970, 39 orang tewas akibat salju longsor yang menimpa sebuah resor ski di Val d'Isere, Prancis.

Liputan6.com, Prancis - Pada hari ini, tepatnya 50 tahun lalu, sebuah salju longsor menimbun sebuah resor ski di Val d'Isere, Prancis. Salju longsor itu menewaskan setidaknya 39 orang, yang mayoritas adalah pemain ski dengan usia muda. 

Longsoran salju di Val d'Isere diyakini sebagai insiden yang terburuk dalam sejarah Prancis, mengakibatkan 37 pemuda terluka saat longsoran salju menimbun lantai bawah sebuah vila kecil pada waktu sarapan. Resor di Val d'Isere dioperasikan oleh organisasi pemuda nirlaba dan menarik banyak penggemar ski muda.

Mengutip The New York Times, Minggu (9/2/2020), ini adalah pertama kalinya dalam 50 tahun bahwa longsoran salju menghantam desa sekitar 20 mil dari sini, di koridor gunung berangin di ketinggian sekitar 5.000 kaki di antara Chambéry dan Turin, Italia.

Tiba-tiba, ada suara seperti ledakan dan sekitar 100.000 meter kubik salju turun dari gunung. Tiga pekerja jejak yang berada di bukit pun ikut tertimbun dan tewas di tempat.

Longsoran melanda pada pukul 8.05 pagi waktu setempat, dengan salju menembus lantai dasar dan jendela gedung beton berusia delapan tahun. Korban mengatakan satu-satunya peringatan yang mereka miliki adalah "suara mengerikan" tepat sebelum salju longsor menghantam ruang makan.

Presiden Pompidou, yang menyatakan salju longsor itu sebagai tragedi nasional, sehingga mengirim Menteri Dalam Negeri Raymond Mercellin dan Joseph Comiti, Sekretaris Negara untuk Olahraga Pemuda, guna mengawasi upaya penyelamatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salju Longsor Disertai Angin Kencang

Menjelang malam, hanya 23 orang tewas yang telah diidentifikasi, petugas penyelamat mengatakan bahwa jumlah korban yang dilaporkan tidak pasti saat itu.

Marcellin mengatakan kepada wartawan bahwa sebagian besar korban yang teridentifikasi adalah orang Prancis. Beberapa pemuda Belgia juga termasuk yang tewas.

Seorang yang selamat, Mike Benoit, dari Brussel, mengatakan kepada wartawan dari tempat tidur rumah sakitnya bahwa ia telah menaiki tangga menuju kamarnya dari ruang makan ketika longsor melanda. Dia mengatakan bahwa salju menabrak jendela tangga, dan membawanya ke koridor dan keluar melalui jendela lain. Lebih beruntung dari kebanyakan, dia menderita luka lengan yang parah.

Vivianne Euzanat, dari Paris, secara tidak sadar terbawa dari lubang udara di salju, dekat tangga di ruang makan. Beberapa dari mereka ada juga yang terlempar ke koridor dan keluar melalui jendela karena salju menyebar melalui jendela-jendela besar.

Jaringan untuk berkomunikasi di Val d'Isere sangat sulit sehingga banyak orang tua tidak dapat mengetahui apakah anak-anak mereka ada di antara yang tewas, terluka, atau tidak terluka.

Salju besar telah jatuh di wilayah ini dalam beberapa hari terakhir dan angin kencang serta suhu yang membeku telah melonggarkan salju. Tuan Machet mengatakan setidaknya ada delapan titik di jalan antara Bourg-St. Maurice dan Val d'Isère tempat salju longsor mungkin terjadi. 

  

Reporter: Jihan Fairuzzia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.