Sukses

Keseriusan Donald Trump Mendaratkan Astronaut Wanita Pertama ke Bulan

Presiden Trump mencari miliaran dolar untuk NASA yang bertujuan mengembalikan astronot ke bulan dalam waktu empat tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mencari miliaran dolar untuk Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS, NASA untuk kembali mendaratkan astronaut ke Bulan pada 2024. Trump akan mengusulkan kenaikan anggaran 12 persen untuk NASA ketika ia merilis rencana pengeluarannya.

Peningkatan tersebut termasuk pendanaan untuk mengembangkan pendarat manusia, dilansir Fox News Minggu (9/2/2020).

Tidak ada yang pernah ke Bulan sejak 1972 di bawah program Apollo yang sekarang tertutup oleh NASA. Namun sejak menjabat, Trump telah menjadikan eksplorasi antariksa sebagai prioritas utama, dan pemerintahannya dengan serius telah menetapkan target 2024 untuk pendaratan Bulan berikutnya.

Program antariksa NASA yang bernama Artemis, bertujuan untuk menempatkan wanita pertama di Bulan. Dalam jangka panjang, NASA ingin membangun keberadaan manusia yang berkelanjutan di bulan dengan tujuan mengirim manusia ke Mars pada 2030-an.

Anggaran Trump akan meningkatkan pengeluaran NASA dari sekitar $ 22,6 miliar menjadi $ 25,2 miliar pada tahun fiskal 2021. Anggaran NASA pertama kali dilaporkan The Wall Street Journal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Proyek Astronomi Trump

Permintaan anggaran juga sebagai tambahan untuk proyek astronomi Trump lainnya seperti Space Force. Trump menandatangani arahan Oval Office Februari lalu untuk menjadikan Space Force sebagai cabang keenam militer, dengan misi berpatroli di orbit dan melindungi AS dari serangan.

Anggaran Trump harus mendapatkan persetujuan dari Senat yang dikuasai Partai Republik dan Partai Demokrat, yang dipimpin oleh Pembicara Nancy Pelosi. Trump mempratinjau proposal dalam pidato State of the Union pada Selasa lalu.

"Kita harus merangkul perbatasan berikutnya, nasib manifes Amerika di bintang-bintang," kata Trump, yang mengundang calon astronot muda ke Capitol sebagai salah satu tamunya.

"Saya meminta Kongres untuk sepenuhnya mendanai program Artemis untuk memastikan bahwa pria berikutnya dan wanita pertama di bulan akan menjadi astronot Amerika - menggunakan ini sebagai landasan peluncuran untuk memastikan bahwa Amerika adalah negara pertama yang memasang benderanya di Mars."

3 dari 3 halaman

Trump Ingin Mengurangi Limbah Pemerintah

White House juga ingin menggandakan dana untuk penelitian intelijen buatan dan ilmu informasi kuantum hingga hampir US$ 3 miliar pada 2022.

Sementara itu, Trump juga bertujuan untuk mengurangi limbah pemerintah dengan mengakhiri belanja pemerintah. Lembaga telah menghabiskan alkohol, ekor lobster, kepiting, dan peralatan olahraga pada akhir tahun untuk menunjukkan kepada Kongres bahwa tidak ada uang yang tersisa untuk dipotong anggota parlemen.

Trump juga ingin menindak pembayaran yang tidak tepat, seperti membayar hampir US$ 1 miliar kepada orang mati sejak 2004.

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.