Sukses

Lagu Jiayou Wuhan Ala Polisi Jambi Curi Perhatian Pemerintah China

Video polisi Indonesia yang menyanyikan dukungan kepada Kota Wuhan yang kini tengah diterpa Virus Corona menuari perhatian dari pemerintah China.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona yang kini telah semakin meluas penyebarannya menumbuhkan dukungan dan simpati dari seluruh dunia. Salah satunya dari Indonesia.

Setelah beberapa waktu lalu sempat beredar di sosial media ketika sesama masyarakat Kota Wuhan yang memberi teriakan semangat, kini ada pula video seorang polisi Jambi yang juga memberikan dukungan lewat nyanyian berbahasa Mandarain. 

Ia adalah Brigadir Ucok Hans Simangunsong, anggota Polres Sarolangun, Provinsi Jambi yang menyanyikan lagu Mandarin berjudul "Jiayou Wuhan" yang berarti "Ayo Semangat Wuhan."

Dalam video yang beredar, Hans menyanyikan lagu tersebut dalam sebuah sesi wawancara dengan salah satu media China berbahasa Indonesia.

Sambil menyanyikan lagu tersebut, ia juga menyampaikan doanya untuk mereka yang berada di Wuhan.

"Kami selalu mendoakanmu dan kami juga selalu mendukung kiranya segala macam wabah penyakit segera dapat teratasi. Tetap semangat," katanya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuai Apresiasi dari Kemlu China

Hal tersebut pun kemudian mendapat respons dari pemerintah China. 

Dalam sebuah pernyataan, Jubir Kemlu China Hua Chunying memberi apresiasi terhadap dukungan yang diberikan melalui video tersebut. 

"Virus itu dingin, tetapi ada kehangatan dalam jiwa kemanusiaan. Selama masa sulit ini, Kota Wuhan dan China disemangati melalui media sosial oleh begitu banyak orang di seluruh penjuru dunia, termasuk polisi Indonesia ini. Lagu 'Jiayou Wuhan' telah bergema di seluruh dunia," kata Hua Chunying dalam keterangan tertulisnya kepada media, Kamis (6/2/2020).

Katanya lagi sambil menambahkan, dukungan moril akan sangat berarti bagi masyarakat Wuhan, China. 

"Teman dari Indonesia ini tahu bahwa epidemi akan berlalu pada suatu hari. Dan ketika hari itu tiba, kami persilakan semua yang mendukung Wuhan dan China bisa mengunjungi kami, terutama Wuhan," ujar Hua.

Ternyata, ini bukan kali pertama Brigadir Hans membuat publik terkesan. Nyatanya, pada 30 Mei 2016 lalu, ia juga mengunggah video sedang menyanyikan lagu Mandarin berjudul “Nan Mien Yu Chuo” yang dipopulerkan Andy Lau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.