Sukses

Kuliner Umami, Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN

Acara pengenalan dan promosi kuliner Jepang merupakan seri ketiga dari Misi Diplomatik Jepang untuk ASEAN pada Kamis, 6 Februari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangkaian Misi Diplomatik Negeri Sakura untuk ASEAN, Kedutaan Besar Jepang mengadakan seri ketiga dari acara pengenalan dan promosi kuliner yang bertempat di gedung ASEAN Secretariat, Kamis (6/2/2020). Seri sebelumnya diselenggarakan pada 24 September 2018 dan 13 Desember 2018.

Acara pengenalan dan promosi kuliner Jepang yang dipandu Chef MORITA Atsushi kali ini membahas tentang Dashi Stock. Dashi Stock merupakan salah satu komponen paling penting dari seluruh masakan Jepang, seperti yang disampaikan oleh Duta Besar Jepang untuk ASEAN, YM Akira Chiba.

"Dashi Stock adalah yang terpenting dalam masakan Jepang karena memberi kekayaan rasa yang disebut umami (selain rasa manis, asin, asam, dan pahit). Dashi Stock adalah dasar untuk membuat rasa umami sehingga bisa mendapatkan rasa khusus dari hidangan," jelas Akira dalam sambutannya.

Sebagai seri ketiga dari acara pengenalan dan promosi kuliner Jepang, Akira mengharapkan acara ini bisa menjadi kesempatan untuk banyak orang agar lebih mengenal, memahami kuliner Jepang, dan sisi kebudayaan yang dapat membuat Jepang lebih terasa dekat kepada semua.

Kedutaan Besar Jepang berencana untuk menyelenggarakan acara kuliner Jepang seperti ini secara berkala di masa mendatang dengan tema yang berbeda-beda dalam rangka memperkenalkan daya tarik masakan Jepang kepada masyarakat Indonesia.

Selain Akira Chiba, acara ini juga turut dihadiri Duta Besar Perwakilan Tetap Republik Sosialis Vietnam untuk ASEAN Tran Duc Binh, Wakil Sekretaris Umum ASEAN untuk Komunitas dan Urusan Korporasi R.M. Michael Tene, Duta Persahabatan Jepang-ASEAN Bidang Pangan dan Pertanian Melody Nurramdhani Laksani, serta para Duta Besar negara-negara perwakilan untuk ASEAN.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demonstrasi Masak Dashi Stock

Demonstrasi proses masak pada acara pengenalan dan promosi kuliner Jepang dipandu oleh Chef MORITA Atsushi, merupakan seorang koki berpengalaman yang bekerja di sebuah restoran di Kyoto, Jepang.

Tema demonstrasi pengenalan kuliner Jepang kali ini adalah dashi stock. Chef MORITA Atsushi mengatakan bahwa tidak ada alasan khusus dengan dipilihnya dashi sebagai tema kuliner kali ini, ia hanya ingin orang-orang lebih mengenal apa itu dashi dan kegunaannya dalam dunia kuliner.

Dashi digunakan untuk makanan di seluruh Jepang, terutama sangat terkenal di wilayah Jepang bagian barat. Dashi juga tidak hanya digunakan untuk membuat sup, tetapi juga untuk berbagai hidangan lainnya, 

Selama demonstrasi, Chef MORITA Atsushi menjelaskan dengan detail terkait setiap proses dari membuat dashi. Ia juga menyampaikan bahan-bahan yang digunakan serta memberikan sampel dashi yang sudah matang untuk dicicipi oleh para tamu undangan.

Tak hanya memiliki hidangan yang kaya akan kelezatan, kuliner Jepang juga terkenal dengan keindahan tampilan hidangannya yang memiliki nilai estetika tinggi. 

"Bukan saja tentang rasanya yang enak, tetapi juga tingkat kepuasan yang diberikan dalam hidangan dan seni keterampilannya yang diciptakan oleh para koki," ucap Duta Besar Perwakilan Tetap Republik Sosialis Vietnam untuk ASEAN Tran Duc Binh dalam sambutannya. 

Ia juga mengatakan bahwa bicara terkait kuliner Jepang, tentu berhubungan dengan koki yang terampil. Contohnya potongan-potongan ikan mentah dapat berubah menjadi hidangan yang luar biasa dan menggugah selera.

Jadi sangat jelas bahwa masakan Jepang telah begitu banyak berkontribusi dalam dunia kuliner dengan banyak diminati oleh banyak orang dari seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Masakan Jepang juga dikenal begitu banyak membawa kebahagiaan pada banyak orang. 

Dipengaruhi oleh lingkungan alam dan budaya dari berbagai negara, masakan Jepang menunjukkan identitas yang berbeda dari yang lain. Jepang memiliki iklim sedang dengan empat musim yang tiap musimnya memiliki hidangan khas untuk dinikmati. 

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.