Sukses

Ilmuwan di Israel Tanam Benih Kurma dari Biji Kuno Berumur 2.000 Tahun

Para ilmuwan di Israel menanam kurma dari biji yang berumur 2.000 tahun.

Liputan6.com, Israel - Para ilmuwan di Israel menanam kurma dari biji yang berumur 2.000 tahun. Benih yang ditemukan di Gurun Yudea itu adalah benih jantan dan betina yang diharapkan akan menghasilkan kurma.

Sejumlah kecil biji kurma dari buah yang matang di sekitar zaman dahulu telah berhasil di Israel selatan, ungkap para peneliti.

Dilansir The Guardian, Kamis (6/2/2020), benih-benih itu, yang dijuluki Adam, Jonah, Uriel, Boas, Judith dan Hannah, adalah beberapa benih di antara banyak benih lainnya yang ditemukan di situs-situs arkeologi di Gurun Yudea.

Ini bukan pertama kalinya tim berhasil menumbuhkan benih kuno. Pada 2008 mereka melaporkan bahwa mereka telah berkecambah benih kurma Yudea yang berusia 1.900 tahun dari Masada, yakni sebuah situs kuno yang diperpanjang oleh Herodes Agung pada abad pertama SM yang menghadap ke Laut Mati.

Tumbuhan itu jantan, dan dinamai Methuselah yakni karakter tertua dalam Alkitab.

Namun studi baru berjalan lebih jauh, tidak hanya melibatkan lebih banyak benih, tetapi juga menjelaskan cara petani Yudea menanam tanaman yang terkenal itu.

Penemuan itu dapat membuahkan hasil lebih lanjut: tim mengatakan mereka berharap dapat menerapkan serbuk sari Methuselah ke Hannah dan diharapkan akan menghasilkan bunga dalam dua tahun ke depan, dengan tujuan menghasilkan kurma.

Pohon kurma diperkirakan pertama kali dibudidayakan di Arab dan Mesopotamia (sekarang Irak) lebih dari 6.000 tahun yang lalu dan pernah tersebar luas di Yudea kuno, wilayah Levant. Selain sebagai makanan penting, mereka digunakan untuk mengobati berbagai kondisi medis, termasuk depresi dan ingatan yang buruk.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menanam 32 Biji Kurma Yudea

Para penulis dari Pliny the Elder hingga Herodotus menjelaskan tentang sifat-sifat kurma Yudea, termasuk masa simpan mereka yang panjang, yang memungkinkan mereka untuk diangkut jauh dan luas.

Menulis di jurnal Science Advances, Sallon dan rekan melaporkan bagaimana mereka menanam 32 biji kurma Yudea yang diambil dari berbagai situs arkeologi di seluruh padang pasir Yudea. Ini termasuk di Masada dan gua-gua di tempat perlindungan Qumran yang paling terkenal karena menyembunyikan gulungan Laut Mati, dan tempat ini juga digunakan oleh para pengungsi di zaman kuno.

“Saya menghabiskan waktu berjam-jam di departemen arkeologi memilah-milah benih terbaik,” kata Sallon. “Banyak dari mereka memiliki lubang di mana serangga telah bosan atau (mereka) hancur berantakan, tetapi beberapa benar-benar murni dan saya memilih yang terbaik.” Katanya.

Tim fragmen radiokarbon mengungkapkan bahwa Hannah dan Adam berasal dari suatu tempat antara abad pertama dan keempat SM. Judith dan Boas berasal dari periode 200 tahun dari pertengahan abad ke-2 SM, dan Uriel serta Jonah diberi tanggal antara abad pertama dan kedua.

“Saya orang Yahudi, jadi saya memberi mereka nama-nama Yahudi,” kata Sallon, ia menambahkan bahwa sebelum jenis kelamin tanaman diketahui dari analisis genetik, Adam bernama Hawa.

Sementara beberapa benih hanya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk tumbuh, yang lain membutuhkan waktu setengah tahun.

3 dari 3 halaman

Biji Kurma Kuno Lebih Besar dari Biji Kurma Modern

Tim tersebut menemukan bahwa biji kurma kuno lebih besar daripada biji kurma modern dan tanaman liar. “Benih saat ini masih sekitar 30% lebih kecil dari apa yang mereka tanam di Yudea 2.000 tahun yang lalu,” kata Sallon.

Analisis genetik mengungkapkan bahwa semakin tua benih purba itu, semakin “timur” susunan genetika mereka muncul.

Hal itu kata Sallon, mungkin mencerminkan jenis pohon yang tumbuh secara alami di Yudea pada saat itu, atau mereka mungkin telah dibawa ke Laut Merah dari Saudi - rute perdagangan kuno.

Hannah dan Judith lebih dekat dengan varietas Irak modern - sesuatu yang dikatakan Sallon mungkin terkait dengan kembalinya orang Yahudi dari pengasingan di Babel pada akhir abad keenam SM, banyak dari mereka telah bekerja di perkebunan kurma Babilonia dan mungkin telah membawa tanaman kembali bersama mereka.

Sementara itu, Uriel, Boaz dan Jonah memiliki kontribusi genetik yang tinggi dari varietas di barat Mesir dan secara genetik hampir sama dengan varietas modern dari Maroko. “Pendudukan Romawi (dari Yudea) berasal dari abad pertama dan mungkin pada saat itu mereka membawa varietas kurma dari Afrika utara,” kata Sallon.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.