Sukses

Bunker Rahasia Perang Dunia II Nazi Ditemukan di Dekat Pantai D-Day

Para peneliti telah menemukan bunker Nazi rahasia di Normandia yang digunakan melawan pasukan AS di daratan D-Day selama Perang Dunia II.

Liputan6.com, Perancis - Para peneliti telah menemukan bunker rahasia milik Nazi di Normandia yang digunakan melawan pasukan AS di daratan D-Day selama Perang Dunia II. Penemuan ini akan ditampilkan dalam pemutaran perdana 'Expedition Unknown' di Discovery Channel pada Rabu (5/2/2020).

"Kami menemukan bunker Nazi besar yang belum pernah melihat cahaya dalam 75 tahun," kata Josh Gates, pembawa acara dan produser eksekutif 'Expedition Unknown', seperti dikutip dari Fox News, Rabu (5/2/2020).

"Kami dapat menggali dan membuka pintu dan masuk ke dalamnya, ada artefak di dalam sana," Tambahnya.

"Ini dua bunker besar, masing-masing berisi tiga atau empat kamar besar. Ini adalah struktur yang cukup besar dengan lorong dan beberapa kamar, dan tangga."

Bunker adalah bagian dari kompleks yang dikenal sebagai Maisy Battery yang berjarak sekitar 2 mil dari pantai Omaha. Ketika beroperasi, baterai memiliki total 14 senjata besar, termasuk Howitzer 150 mm.

Para ahli menggunakan teknologi LiDAR (Light Detection and Ranging), yang menggunakan laser untuk mengukur jarak ke permukaan bumi, untuk mempelajari situs tersebut.

LiDAR terbukti dapat mempelajari struktur yang tersembunyi dari pandangan atau di daerah dengan vegetasi lebat. Teknologi ini juga digunakan secara luas dalam aplikasi lain, termasuk mobil otonom di mana ia memungkinkan kendaraan untuk memiliki pandangan 360 derajat terus menerus.

Para peneliti menemukan bukti di langit-langit bunker yang menunjukkan itu dibakar, baik selama baku tembak untuk menangkap situs atau sesudahnya. "Perasaan aneh memasuki tempat seperti itu," Gates menambahkan. "Ini menarik - di sisi lain, ini adalah pengalaman yang suram dan gelap - ini adalah tempat yang menampung tentara Nazi."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Maisy Battery

Maisy Battery sekarang terbuka untuk umum, meskipun, seperti yang Gates temukan, kompleks tersebut masih mengungkapkan rahasianya. Bunker ini adalah salah satu posisi defensif Jerman terbesar di area pendaratan yang digunakan oleh Pasukan AS pada D-Day dan digunakan untuk menargetkan daerah pantai Omaha dan Utah. Pangkalan itu ditangkap oleh Rangers Angkatan Darat AS.

"Maisy Battery memainkan peran penting dalam peristiwa D-Day," jelas situs web maisybattery.com. "Tentara Jerman telah membangun Maisy dalam kerahasiaan total, sementara membiarkan dunia tahu semua tentang baterai terdekat di Pointe du Hoc, posisi yang sedang dibangun pada D-Day."

"Ini adalah tempat yang luar biasa untuk dikunjungi - ini adalah bagian dari salah satu bab paling gelap dalam sejarah modern," kata Gates. "Ada banyak hal di dalam bunker, kami menemukan sisa-sisa masker gas, amunisi, helm Nazi."

"Yang unik adalah banyak instalasi militer di sekitar Normandia telah dibersihkan," lanjutnya. "Maisy adalah salah satu dari sedikit tempat di mana Anda dapat menjelajahi parit dan pantai dan merasakan seperti apa di D-Day."

Penggalian di Maisy Battery akan berlanjut, demikian menurut penjelajah, yang mencatat bahwa situs tersebut pernah menjadi bagian dari 'Tembok Atlantik' yang terkenal sebagai rantai instalasi pertahanan yang dibangun oleh militer Jerman di pantai Prancis Utara.

"Banyak Tembok Atlantik Hitler tidak ada di laut," Gates menjelaskan. "Senyawa besar seperti ini pada dasarnya dilupakan waktu."

Para peneliti membuat penemuan mengejutkan lainnya selama pembuatan film mereka pada akhir 2019. Tim itu sedang menyelidiki bangkai kapal USS Partridge di dekatnya, seorang kapal penyapu ranjau yang ditenggelamkan oleh torpedo selama pendaratan Normandia ketika mereka melihat tambang parasut Jerman.

Gates menjelaskan bahwa angkatan laut Prancis telah disiagakan. Namun mereka mencatat bahwa daerah di mana tambang itu berada, telah mengalami cuaca buruk. "Idenya adalah, dalam beberapa bulan mendatang, kami akan memiliki tim dari angkatan laut Prancis datang ke sana dan meledakkan tambang," katanya.

3 dari 3 halaman

Membuka Rahasia Pangkalan Nazi

Dalam proyek lain, para ahli telah mencari cara untuk membuka rahasia menyeramkan pangkalan Nazi yang tersembunyi di seluruh Eropa. Pada 2016, para ilmuwan di Taman Nasional Arktik Rusia menemukan sisa-sisa pangkalan rahasia Nazi di pulau terpencil Alexandra Land, di kepulauan Franz Josef Land.

Para peneliti menemukan ranjau Jerman, pecahan granat tangan, kotak kartrid, kartrid untuk senapan Mauser 98 dan kotak untuk sabuk umpan senapan mesin MG-34. Bagian-bagian dari seragam, mantel, pakaian dalam, kaus kaki, dan potongan-potongan alas kaki juga terbuka, demikian pula karung-karung bertuliskan tentara Jerman.

Tahun lalu, pejabat pemerintah setempat mengumumkan penemuan ratusan benda dingin di lokasi pembantaian Nazi di Jerman barat laut. Penggalian lain juga menawarkan sekilas peristiwa mengerikan dari Perang Dunia II. Pada 2017, para ahli menemukan dua pemandian ritual di sisa-sisa Sinagoge Agung Vilnius, di Lithuania, lebih dari 70 tahun setelah kehancurannya selama Holocaust.

Dalam sebuah proyek terpisah di Lithuania, sebuah terowongan yang digunakan oleh tahanan Yahudi untuk melarikan diri dari Nazi ditemukan. Sebuah penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa kakek dari pihak ayah Hitler adalah orang Yahudi, setelah bertahun-tahun desas-desus seputar keluarga pemimpin Nazi.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.