Sukses

KBRI Singapura Benarkan Ada WNI Positif Virus Corona

WNI yang terpapar Virus Corona dilaporkan merupakan seorang pekerja migran.

Liputan6.com, Singapura - KBRI Singapura membenarkan bahwa ada seorang WNI yang positif Virus Corona. Ia bekerja sebagai asisten rumah tangga. 

"Ministry of Health Singapura mengumumkan kasus coronavirus ke-21 di Singapura, yaitu WNI berusia 44 tahun yang bekerja sebagai pekerja migran. WNI tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke RRT namun merupakan pekerja rumah tangga dari warga negara Singapura yang sebelumnya telah ditetapkan positif Virus Corona," tulis pernyataan resmi KBRI Singapura pada Selasa (4/2/2020).

"WNI tersebut kini ditangani tim medis Singapore General Hospital."

Pihak KBRI Singapura mengaku telah mendapat konfirmasi lisan dari Ministry of Health Singapura, namun dikarenakan Personal Data protection Act, identitas WNI tersebut tidak dapat disampaikan.

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha memastikan pasien telah mendapatkan perawatan medis. Pasien yang terkena Virus Corona itu dirawat di RSU Singapura.

"Yang bersangkutan sudah dalam penanganan otoritas kesehatan singapura," ujarnya pada Selasa malam.

Kendati demikian sejauh ini belum diketahui pasti apakah ada bantuan finansial dari pemerintah Indonesia.

Sebelumnya, Channel News Asia melaporkan WNI itu tidak pernah berkunjung ke Wuhan, tetapi ia tertular majikannya yang bekerja di pertokoan langganan warga China. Ia mulai merasa sakit pada hari Minggu lalu dan pergi ke rumah sakit sehari setelahnya. 

Kasus yang menyangkut WNI masuk kategori penularan lokal. Sebelumnya, pasien Virus Corona di Singapura adalah mereka yang pernah berada di Wuhan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.