Sukses

Bukan Boneka, Mesin Capit di Taiwan Ini Berisi Produk Medis Cegah Virus Corona

Sebanyak 40 mesin capit di Taiwan telah kedapatan menjual masker dan pembersih tangan sebagai hadiah.

Liputan6.com, Taiwan - Tak seperti permainan mesin capit pada umumnya yang menyediakan hadiah seperti boneka, permen, dan barang-barang lainnya, di Taiwan terdapat mesin capit yang berisi alat medis seperti masker dan pembersih tangan sebagai hadiah. Hal itu karena mulai menyebarnya Virus Corona di Taiwan. 

Pihak berwenang di Taiwan telah memperingatkan operator mesin capit terkait kemungkinan dikenakan denda besar setelah vendor ditemukan mengedarkan produk medis setelah wabah Virus Corona meningkat.  

Menurut situs berita lokal Liberty Times, setidaknya sebanyak 40 mesin capit telah ketahuan menjual masker bedah dan pembersih tangan di salah satu kota di Taipei. Salah satu stasiun TV taiwan, TVBS Taiwan, menyiarkan gambar yang menunjukkan bahwa masker wajah telah menjadi hadiah di dalam mesin capit.

Melansir dari BBC, Selasa (4/2/2020), anggota dewan kota Chen I-chun, telah memberi peringatan pada Kantor Perdagangan Kota Taipei, mengatakan bahwa ia mencurigai sejumlah vendor mesin capit melanggar undang-undang perdagangan dengan mengedarkan produk dengan harga yang meningkat melalui mesin.

Kantor Perdagangan Kota Taipei telah menanggapi dengan mengatakan bahwa mereka akan meningkatkan patroli polisi dan patroli departemen kesehatan di sekitar area permainan yang terdapat mesin capit. Selain itu, orang-orang yang menemukan mesin capit berisi produk medis sebagai hadiah, dapat segera menghubungi hotline untuk melaporkannya.

Direktur Departemen Kesehatan Taipei, Chen Yi-ting, mengatakan bahwa produk yang ditempatkan di mesin dengan nomor lisensi peralatan medis melanggar Undang-Undang Urusan Kefarmasian. Dia mengatakan bahwa operator mesin dapat dikenakan denda hingga Rp 906 juta. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mesin Capit Banyak Diminati di Taiwan

Taiwan memiliki kegemaran yang unik pada permainan mesin capit. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya perkembangan yang cepat dari mesin-mesin tersebut selama beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 10.000 arena mesin capit.

Tak sedikit para pemain yang berusaha memenangkan beragam hadiah, mulai dari boneka hingga barang-barang elektronik. Psikiater kota Tainan Chang Chun-hung, memperingatkan bahwa proliferasi mereka, musik upbeat, dan hadiah mencolok dapat memicu perilaku impulsif serta dapat memicu masalah kejiwaan.

Kegemaran mesin capit di Taiwan bahkan telah dicatat di kalangan pemerintah, dengan para pejabat memperdebatkan panggilan bank sentral untuk mencetak lebih banyak koin 10 dolar Taiwan baru, yang dibuat khusus untuk mesin permainan itu. 

Perjudian memang merupakan hal ilegal di Taiwan, tetapi mesin capit diizinkan untuk beroperasi. Selain itu, popularitas mesin capit telah meningkat pesat di negara itu. Seperti yang dilaporkan oleh Taiwan News, mesin capit adalah sumber pendapatan terbesar dari pajak hiburan.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.