Sukses

Antusias hingga Kecewa, Begini Ragam Media Asing Menyoroti Brexit

Brexit menghasilkan reaksi yang beragam dari berbagai surat kabar asing.

Liputan6.com, London- Pada 31 Januari pukul 23.00 GMT, Inggris telah resmi meninggalkan Uni Eropa. Kendati demikian, masa transisi diberlakukan selama 11 Bulan, seperti dikutip dari BBC, Sabtu, (1/2/2020). 

Berbagai surat kabar membagikan kisah dan reaksi yang cukup beragam mengenai momen bersejarah bagi Inggris ini. Mulai dari antusiasme mengibarkan bendera hingga kekecewaan di Skotlandia, Seperti dikutip dari The Guardian. Halaman depan dengan tema poster berlimpah dari berbagai surat kabar asing menampilkan tema keberangkatan Inggris dari Uni Eropa.

Media Inggris lainnya, The Daily Mail mengatakan Brexit sebagai "Fajar baru bagi Inggris", dengan tajuk utama yang melintas di atas gambar Tebing Putih Dover yang mengesankan.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tema yang Beragam

Sedangkan surat kabar Daily Express yang setuju dengan Brexit menerbitkan edisi bertema suvenir dengan halaman depan yang memiliki koleksi foto-foto halaman depan yang berorientasi Brexit yang diedit dengan peta Inggris dilengkapi dengan tajuk "Ya, kami berhasil!".

 

 

Pada surat kabar The Times, poster halaman depan juga memiliki gambar jam Big Ben dan daftar acara utama dalam sejarah Inggris dengan Uni Eropa.

 

3 dari 3 halaman

Pendapat Surat Kabar Lainnya

Sebuah wawancara dengan Boris Johnson pun dilakukan oleh surat kabar The Telegraph, lalu mereka menampilkan foto besar Perdana Menteri Inggris tersebut di halaman depannya. Tajuk utamanya pun berbunyi "Ini bukan akhir, tapi awal". Surat kabar ini juga menawarkan topik Brexit sebanyak 8 halaman.

 

 

 

Namun, terdapat pandangan yang berbeda dari surat kabar The Scotsman yang mengatakan "Perpisahan, bukan selamat tinggal".

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.