Sukses

Cegah Virus Corona Meluas, Singapura Larang Masuk Pengunjung Pernah ke China

Pemerintah Singapura memperketat pengunjung ke negaranya yang berasal dari Wuhan, pusat wabah Virus Corona baru nan mematikan.

Liputan6.com, Singapura- Pemerintah Singapura memperketat pengunjung ke negaranya agar mencegah penyebaran wabah Virus Corona. Kini, mereka yang baru-baru ini pernah ke China daratan juga tidak boleh masuk.

Dilaporkan Channel News Asia, Jumat (31/1/2020), kebijakan itu diumumkan oleh Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Lawrence Wong. Mereka yang sekadar ingin transit ke Singapura juga tak boleh masuk.

Aturan baru ini akan berlaku jelang tengah malah ini pada 11.59 malam waktu Singapura.

"(Pembatasan travel) akan membuat kita bisa membatasi jumlah kasus-kasus baru di sini dan mengurangi risiko penyebaran di kalangan masyarakat Singapura," jelas Menteri Wong.

South China Morning Post menyebut aturan pelarangan masuk berlaku bagi orang asing yang ke China dalam 14 hari terakhir.

Otoritas Imigrasi dan Checkpoints di Singapura akan menahan penerbitan visa baru bagi pemegang paspor China. Fasilitas tanpa visa bagi yang transit di Singapura juga tak berlaku bagi warga China.

Sementara, otoritas penerbangan Singapura akan menyebarkan aturan baru ini ke maskapai demi memperlancar implementasi pembatasan ini.

Kementerian Kesehatan Singapura berkata tidak ada tanda-tanda penyebaran Virus Corona di Singapura. Namun, kementerian menyebut situasi saat ini masih belum bisa diprediksi.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Meningkat

Sebelumnya, Singapura hanya melarang pengunjung yang berasal dari provinsi Hubei yang merupakan lokasi kota Wuhan. Namun, kasus di China terus meningkat pada pekan ini sehingga Singapura memperketat aturan.

Kasus di China tercatat sudah hampir menyentuh 10 ribu orang yang positif terjangkit Virus Corona Wuhan.

Kebanyakan kasus-kasus Virus Corona di Singapura juga kebanyakan turis asal Wuhan.

Menteri Wong turut mengingatkan warga Singapura yang baru kembali ke Singapura tak boleh beraktivitas seperti kerja dalam 14 hari. Pemerintah Singapura juga melalukan karantina bagi kru dan penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.