Sukses

Benarkah Iklim Tropis Indonesia Bikin Virus Corona Inaktif? Ini Kata Pakar Mikrobiologi

Iklim tropis membuat Virus Corona menjadi inaktif. Benarkah?

Jakarta - Hingga saat ini Indonesia masih steril dari wabah Virus Corona (2019-nCoV). Ahli mikrobiologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyebut iklim tropis membuat Virus Corona menjadi inaktif. Benarkah?

DW Indonesia melaporkan, Kamis (30/1/2020), sebagian orang mengatakan Virus Corona tidak akan tahan di lingkungan yang panas.

Diketahui menurut data dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) suhu rata-rata di Indonesia paling tinggi adalah 35-37 derajat celcius.

Ahli mikrobiologi, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. R. Fera Ibrahim, MSc, SpMK(K), PhD pun membenarkan bahwa virus akan mudah mati bila terkena panas.

"Pengaruh iklim tropis, karena sinar matahari itu membantu juga kita untuk inaktifkan virus," kata dr. Fera, pada hari Kamis.

Menurutnya, dalam pengalaman wabah virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) terdahulu, masyarakat Indonesia juga tidak ada yang sampai terinfeksi.

"Berdasarkan yang sudah diteliti, sinar matahari itu mampu meinaktifkan virus," ucap dr. Fera.

"Jadi kalau virusnya yang terpercik (batuk atau bersin) itu terkena sinar matahari, dia bisa inaktif. Tidak akan menginfeksi manusia, tapi tetap pola hidup sehatnya harus bagus," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Pola Hidup Sehat

Wabah Virus Corona 2019-nCoV memang sudah menyebar ke berbagai negara, termasuk ke negara tetangga Singapura dan Malaysia. Selain Indonesia, Filipina sampai saat ini juga masih 'steril' dari virus tersebut. Belum ada kasus yang terkonfirmasi positif sejauh ini.

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Bambang Wibowo, SpOG(K), berpendapat hal ini juga dipengaruhi pola hidup sehat serta doa.

"Makanya kita doa itu penting, menjaga perilaku hidup sehat, kemudian doa lagi. Kalau ada apa-apa segera periksa, dan jangan percaya sama informasi yang tidak benar," ucap dr. Bambang. 

Wakil Ketua DPR Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena juga mengakui penanganan dan pencegahan virus corona di Indonesia sudah jauh lebih baik dari wabah penyakit sebelumnya.

"Di semua titik masuk negeri ini, itu dalam pengendalian Kemenkes dan pihak yang terkait. Keluar masuk Wuhan pun sudah dikontrol," katanya.

"Dukungan dari pihak TNI juga sudah sangat membantu. Saya kira ini penanganannya kali ini jauh lebih baik dari SARS dan sebagainya," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.