Sukses

Tak Melulu Pria, 10 Wanita Ini Jadi Ilmuwan Sains yang Menginspirasi

Ilmu pengetahuan alam atau sains sering dianggap sebagai bidang yang didominasi pria. Namun 10 wanita ini mematahkan anggapan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Ilmu pengetahuan alam atau sains sering dianggap sebagai bidang yang didominasi pria.

Faktanya, menurut data PBB, kurang dari 30% peneliti ilmiah di seluruh dunia adalah wanita, meski penelitian telah menunjukkan bahwa wanita tidak dianjurkan dalam memasuki bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) mulai dari usia muda.

Dan menurut Pusat Penelitian Pew, wanita tetap kurang terwakili di bidang teknik, ilmu komputer dan ilmu fisik.

Namun terlepas dari tantangan diskriminasi gender dan kurangnya pengakuan dalam komunitas ilmiah, banyak perempuan yang menginspirasi dalam bidang-bidang ini dan telah memberikan kontribusi bersejarah bagi sains, serta membantu memajukan pemahaman dunia di sekitar kita.

Prestasi mereka telah membantu generasi ilmuwan wanita untuk muncul. Berikut 10 wanita dalam dunia sains, sepoerti dilansir CNN, Selasa (28/1/2020):

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Alice Ball (1892-1916)

Ahli kimia Amerika, Alice Ball, adalah wanita pertama dan orang Afrika-Amerika pertama yang menerima gelar master dari Universitas Hawaii dan kemudian menjadi profesor kimia wanita pertama di universitas tersebut.

Di usianya yang baru 23 tahun, Ball mengembangkan pengobatan inovatif untuk kusta - penyakit yang sebelumnya hanya memiliki sedikit kesempatan untuk sembuh dan memaksa korban ke tempat pengasingan.

Sebelum penelitian Ball mengenai kusta, perawatan terbaik yang tersedia adalah minyak chaulmoogra, yang sulit bagi pasien untuk menelannya dan terlalu tebal untuk disuntikkan.

Ketika bekerja sebagai asisten peneliti di Rumah Sakit Kalihi di Hawaii, Ball mengembangkan bentuk minyak yang mudah disuntikkan yang pada akhirnya menyelamatkan banyak nyawa dan menjadi pengobatan terbaik untuk kusta sampai tahun 1940-an.

Sayangnya dia meninggal sebelum dia dapat mempublikasikan temuan tersebut, dan presiden Universitas Hawaii berusaha untuk mengklaim penelitian itu sebagai miliknya.Prestasinya diakui sepenuhnya dan gubernur Hawaii menyatakan 29 Februari sebagai "Hari Alice Ball".

3 dari 11 halaman

2. Rosalind Franklin (1920-1958)

Legenda mengatakan bahwa ahli kimia dan peneliti DNA Inggris Rosalind Franklin tahu dia ingin menjadi ilmuwan sejak dia berusia 15 tahun. Mimpi itu kemudian menjadi kenyataan ketika ia ditawari beasiswa bergengsi ke King's College London, di mana ia menjadi seorang ahli di unit kristalografi sinar-X.

Data penelitian Franklin yang pertama menunjukkan dimensi dasar untai DNA dan mengungkapkan molekul itu dalam dua bagian yang cocok, dan berjalan dalam arah yang berlawanan. Data-datanya digunakan oleh James Watson dan Francis Crick untuk mendapatkan penelitian mereka pada model DNA di garis finish, dan diterbitkan secara terpisah sebagai data pendukung bersama artikel penelitian Watson, Crick dan Maurice Wilkins di Nature.

Banyak orang dalam komunitas ilmiah berpendapat bahwa Franklin seharusnya dianugerahi Hadiah Nobel bersama Watson, Crick dan Maurice Wilkins, yang memenangkan Hadiah Nobel 1962 dalam Fisiologi atau Kedokteran.

Sayangnya, Franklin meninggal karena kanker ovarium pada tahun 1958 yakni hanya empat tahun sebelum hadiah diberikan.

4 dari 11 halaman

3. Dorothy Hodgkin (1910-1994)

Dorothy Hodgkin adalah seorang ahli kimia Inggris di ujung tombak kristalografi sinar-X. Pada tahun 1964, Hodgkin menjadi wanita Inggris pertama dan satu-satunya yang memenangkan Hadiah Nobel dalam Kimia.

Sepanjang karirnya, ia membuat banyak penemuan terobosan, termasuk struktur atom penisilin, struktur vitamin B12 dan struktur insulin.

Hodgkin juga menghabiskan beberapa dekade untuk memperbaiki teknik kristalografi sinar-X, yang memungkinkannya untuk menyelesaikan penelitian inovatifnya tentang insulin dan meningkatkan perawatan untuk penyakit diabetes.

Dia juga menjadi wanita kedua yang memenangkan Order of Merit yang bergengsi di Inggris pada tahun 1965.

5 dari 11 halaman

4. Grace Hopper (1906-1992)

Grace Hopper adalah seorang programmer komputer yang membantu mengembangkan berbagai bahasa komputer dan dianggap sebagai salah satu programmer pertama di era komputasi modern.

Berbekal gelar master dan PhD dalam bidang matematika dari Yale, Hopper kemudian memiliki karir yang berpengaruh di sektor swasta dan Angkatan Laut AS.

Dia bergabung dengan US Naval Reserve pada tahun 1943 untuk membantu upaya perang Amerika, dan sepanjang Perang Dunia II dia bekerja di laboratorium bergengsi yang bertanggung jawab untuk perhitungan rahasia seperti kalibrasi kapal penyapu ranjau, menghitung rentang senjata anti-pesawat, dan memeriksa matematika di belakang penciptaan bom plutonium.

Karirnya juga berkontribusi pada bahasa komputer modern. Hopper juga mengembangkan beberapa komputer elektromekanis paling awal yakni MARK I dan MARK II dan ia membongkar komputer yang tidak berfungsi untuk menemukan bahwa ngengat mati ternyata yang menyebabkan masalah komputer itu.

Dia menjadi orang pertama yang menyebut masalah komputer dengan istilah “bugs” dalam sistem.

6 dari 11 halaman

5. Barbara McClintock (1902-1992)

Ahli botani Amerika, Barbara McClintock, bertanggung jawab atas beberapa penemuan inovatif di bidang genetika setelah karirnya selama puluhan tahun yang mempelajari struktur genetik jagung. McClintock mempelajari bagaimana karakteristik genetik diturunkan dari generasi ke generasi, dan akhirnya mengungkap bahwa beberapa gen bisa bergerak.

Pada tahun 1940-an dan 1950-an, penelitian McClintock mengungkapkan bahwa unsur-unsur genetik kadang-kadang dapat bergerak pada kromosom dan menyebabkan gen di dekatnya aktif.

Beberapa dekade kemudian para ilmuwan yang terpisah dari spesialis jagung memahami dan mengakui nilai besar terhadap penemuannya.

McClintock dianugerahi Medali Ilmu Pengetahuan Nasional pada tahun 1971 dan memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1983.

7 dari 11 halaman

6. Lise Meitner (1878-1968)

Fisikawan Austria, Lise Meitner, menyumbang kemajuan signifikan di bidang fisika nuklir. Dia juga wanita pertama yang menjadi profesor fisika di Jerman.

Karya Meitner tentang fisi nuklir sangat berperan dalam kolaborator penelitiannya yang sudah lama.

Meitner juga seorang advokat untuk penggunaan energi atom secara damai dan dengan tegas menolak untuk bekerja di Proyek Manhattan karena dia sangat menentang penggunaan fisika untuk membuat bom atom.

Hari ini, beberapa penghargaan bergengsi dalam fisika dinamai untuk menghormati Meitner dan dia bahkan memiliki unsur kimia dalam namanya yakni meitnerium.

8 dari 11 halaman

7. Sally Ride (1951-2012)

Astronot NASA Sally Ride menjadi wanita Amerika pertama di luar angkasa yang melayani sebagai spesialis misi pada pesawat ulang-alik Challenger pada tahun 1983.

Pada usia 32 tahun, ia juga orang Amerika termuda yang pernah meninggalkan atmosfer. (Namun, dia bukan wanita pertama di luar angkasa - gelar itu dimiliki kosmonot Soviet Valentina Tereshkova.)

Setelah bencana Challenger pada tahun 1986, di mana ledakan terjadi tak lama setelah lepas landas dan merenggut nyawa tujuh astronot, Ride bertugas di Komisi Rogers, yang menyelidiki tragedi itu.

Dia juga membantu menyelidiki pesawat ulang-alik bencana Columbia pada tahun 2003, di mana pesawat ulang-alik hancur ketika memasuki kembali atmosfer, dan menjadikan Ride satu-satunya orang yang bertugas di kedua komisi penyelidikan.

Ride kemudian memiliki karir yang memenangkan penghargaan sebagai pelayan publik dan sebagai profesor fisika di University of California, San Diego.

Dia juga mendirikan “Sally Ride Science,” sebuah organisasi yang bertujuan untuk menginspirasi kaum muda di STEM (Science, Technology, Engineering, and Math) dan dia menulis beberapa buku tentang pengalamannya di luar angkasa untuk mengajar anak-anak tentang sains.

9 dari 11 halaman

8. Tu Youyou (1930-sekarang)

Ahli kimia farmasi, Tu Youyou, yakni penemu pengobatan malaria baru yang telah menyelamatkan jutaan nyawa.

Tu mempelajari pengobatan tradisional Tiongkok dan obat-obatan herbal dan menemukan referensi dalam teks-teks medis kuno tentang penggunaan kayu manis untuk mengobati demam intermiten - gejala malaria.

Tu dan tim penelitiannya mampu mengekstrak zat penghambat malaria yang disebut artemisinin (atau qinghaosu dalam bahasa China). Dia bahkan mengajukan diri untuk menjadi subjek manusia pertama yang menguji zat tersebut.

Sejak penemuan artemisinin pada 1970-an, obat antimalaria berdasarkan zat ini telah menyelamatkan jutaan nyawa.

Tu sekarang adalah ilmuwan kepala di Akademi Pengobatan Tradisional Tiongkok - posisi yang ia raih tanpa gelar dokter, PhD, atau pelatihan penelitian di luar negeri.

Dia memenangkan Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran 2015 untuk penemuannya, yang telah dianggap “intervensi farmasi paling penting dalam setengah abad terakhir” oleh Lasker Foundation untuk penelitian medis.

10 dari 11 halaman

9. Maria Winkelmann (1670-1720)

Maria Winkelmann adalah pelopor dalam astronomi Jerman. Pada tahun 1902, ia menjadi wanita pertama yang menemukan komet baru.

Sayangnya, suaminya Gottfried Kirch menerbitkan penemuan itu atas namanya sendiri bukan nama istrinya sampai bertahun-tahun kemudian.

Namun, Winkelmann masih diakui secara luas sebagai ilmuwan ulung pada masanya, dan penelitian serta pengamatannya tentang bintik matahari, Aurora Borealis dan komet disambut dengan sangat hormat.

Dia juga berperan aktif dalam meningkatkan Akademi Sains Berlin, di mana suaminya menjabat sebagai astronom utama.

Tetapi bertahun-tahun kemudian, Akademi menyalakannya. Saat melayani sebagai asisten putranya di Observatorium Berlin, anggota Akademi mengeluh bahwa dia mengambil peran terlalu menonjol dan memaksanya memasuki masa pensiun dan mengakhiri karir astronominya pada 1716, di usia 46 tahun.

11 dari 11 halaman

10. Chien-Shiung Wu (1912-1997)

Fisikawan China-Amerika, Chien-Shiung Wu dikreditkan dengan membuktikan salah satu hukum dasar fisika, yang disebut konservasi paritas.

Sebelum karya Wu, hukum fisika menyatakan bahwa semua benda dan bayangan cerminnya berperilaku dengan cara yang sama, simetris, yang berarti bahwa alam tidak dapat membedakan antara kanan dan kiri.Penelitian terobosan Wu mengungkapkan bahwa selama proses peluruhan radioaktif, peluruhan partikel nuklir yang identik tidak selalu berperilaku simetris.

Dia juga bekerja di Proyek Manhattan, membantu mengembangkan proses untuk memisahkan logam uranium dan mengembangkan instrumen yang lebih baik untuk mengukur radiasi nuklir.

Pada tahun 1973, Wu menjadi wanita pertama yang memimpin American Physical Society, dan pada tahun 1975 ia menerima National Medal of Science. Bukunya “Beta Decay” tetap menjadi buku teks standar sebagai acuan siswa fisika nuklir.

 

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.