Sukses

Pesawat Maskapai Iran Mendarat di Jalan Raya, Pilot Diduga Terlewat Landasan

Pesawat maskapai Iran tergelincir ke jalan raya saat akan mendarat di Kota Bandar-e Mahshahr, Iran.

Liputan6.com, Teheran - Sebuah pesawat penumpang Iran dengan 135 orang penumpang tergelincir dari landasan dan berhenti di jalan raya pada 27 Januari 2020 waktu setempat. Seluruh penumpang beserta 8 awak pesawat berhasil dievakuasi dengan aman dan lancar.

Dikutip dari CNN, Selasa (28/1/2020), pesawat Caspian Airlines mendarat di tengah jalan dengan lalu lintas yang padat dan jalur pejalan kaki di kedua sisi. Kapal terbang itu mendarat dengan baik dan tampaknya sebagian besar tidak terdapat kerusakan. 

Tak lama setelah insiden terjadi, responden darurat tiba di tempat kejadian bersama dengan petugas pemadam kebakaran yang menyemprotkan air ke badan pesawat. Penyebab terkait terjadinya insiden itu masih diselidiki oleh para petugas. 

Penumpang Caspian Airlines, maskapai Iran itu, tampaknya saling membantu satu sama lain untuk keluar dari pesawat yang bermesin ganda dengan hanya satu lorong, dan membawa anak-anak serta koper.

Beberapa penumpang meninggalkan pesawat melalui pintu utama, sementara yang lain keluar dari pintu darurat di sayap pesawat. Beberapa foto dan video mengenai insiden ini juga terlihat diunggah di twitter oleh penumpang.

 

Laporan BBC mengutip TV pemerintah dari seorang pejabat penerbangan provinsi menyebutkan pilot terlewat landasan mendarat.

"Pilot mendaratkan pesawat terlambat dan ini menyebabkan dia ketinggalan landasan. Ini menyebabkan pesawat terbang melampaui landasan pacu dan berhenti di sebuah bulevar di sebelah bandara," jelas Mohammad Reza Rezaei.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Dievakuasi Secara Aman

Seluruh penumpang di dalam pesawat tidak ada yang terluka dan dievakuasi dengan aman, demikian disampaikan oleh Fars, dari kantor berita semi resmi yang menghubungkan juru bicara badan penerbangan sipil Iran, Reza Jafarzadeh.

Dilaporkan Arab News, pihak berwenang mengatakan dua orang mengalami cedera akibat pendaratan keras McDonnell Douglas MD-83 yang diterbangkan oleh Caspian Airlines di Mahshahr, sebuah kota di provinsi Khuzestan yang kaya akan minyak di barat daya Iran.

Organisasi Penerbangan Sipil Iran mengatakan penyelidikan sedang dilakukan.

Penerbangan Caspian Airlines 6936 berangkat dari Tehran, Senin pagi dan dijadwalkan mendarat di Bandara Mahshahr, di barat daya negara itu.

Kecelakaan besar terakhir Caspian Airlines terjadi pada tahun 2009, ketika sebuah penerbangan komersial jatuh di luar kota Qazvin di Iran barat laut. Semua 153 penumpang dan 15 awak pesawat tewas, menjadikannya salah satu kecelakaan penerbangan paling mematikan dalam sejarah negara itu.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.