Sukses

Virus Corona Meluas, Selandia Baru Perketat Pencegahan di Bandara

Kementerian kesehatan di Selandia Baru tingkatkan pengendalian tersebarnya virus corona.

Liputan6.com, Wellington- Virus Corona terbaru dari Wuhan, China, telah menyebar ke sejumlah negara. Pemerintah Selandia Baru pun memperketat "tindakan pencegahan" tambahan terhadap virus corona di bandara, terlebih adanya penerbangan dari China yang dikabarkan mendarat di Kota Auckland, Selandia Baru, Senin (27/1/2020) pagi ini.

Langkah-langkah untuk mencegah masuknya Virus Corona akan dilakukan di sebagian besar bandara di Selandia baru dengan mengirimkan petugas kesehatan masyarakat, seperti dikutip dari 1 News. 

Menteri Kesehatan Selandia Baru David Clark mengumumkan, semua penerbangan yang mendarat dari China hari ini, akan ditangani oleh petugas kesehatan masyarakat yang ditempatkan untuk memantau penumpang yang datang dalam kondisi tidak sehat.

"Para pejabat kesehatan telah memulai persiapan untuk menempatkan petugas di sebagian besar bandara kami sejak minggu lalu, dan kami akan memiliki itu untuk semua penerbangan dari China besok," kata David Clark.

Perawat kesehatan masyarakat juga dilaporkan akan tersedia di Bandara Internasional Auckland dan Christchurch untuk mengukur suhu tubuh penumpang yang tiba dari China (untuk mereka yang merasa tidak sehat).

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartu Saran Kesehatan

Kartu saran kesehatan berbahasa China juga dilaporkan telah tersedia di perbatasan. Jika suhu penumpang mencapai di atas 38 derajat, mereka akan diberikan saran dan penilaian secara berlanjut yang sesuai.

Para petugas kesehatan di Selandia Baru juga dilaporkan siap untuk berada ditempat pemeriksaan sebelum penerbangan dari China tiba.

Menteri David Clark mengatakan, "Saya ingin meyakinkan publik bahwa Selandia Baru siap untuk situasi semacam ini - kami aktif dan waspada, tetapi tidak khawatir".

3 dari 3 halaman

Tetap Waspada

Menteri David Clark juga menambahkan, meskipun belum adanya kasus di Selandia Baru, kementrian di Selandia Baru telah memiliki Tim Pengendalian Insiden dan akan terus berbagi informasi, juga bekerja sama dengan mitra internasional.

Kelompok Pandemi Antar Lembaga Pemerintah juga telah berkumpul sebagai tindakan pencegahan, untuk memastikan Selandia Baru siap," kata David Clark.

Jumlah kematian korban yang terjangkit virus corona di China telah meningkat menjadi 56 orang, dengan total 1.975 kasus yang dilaporkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.