Sukses

Asal-Usul Angpau dan Pakaian Dalam Merah, 4 Mitos Menarik Soal Imlek

Berikut ini adalah kumpulan beberapa mitos Tahun Baru Imlek yang populer dan menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Mitos, legenda, dan dongeng terbilang akrab di telinga banyak orang. Selalu menarik untuk melihat bagaimana menjelaskan tradisi yang masih dimiliki dalam masyarakat modern saat ini — hal-hal yang kita rasakan normal, tetapi sebenarnya cukup aneh jika dipikirkan.

Jadi mengapa orang China merayakan Festival Musim Semi (Tahun Baru China atau Imlek) seperti yang mereka lakukan? Mengapa orang memasang dekorasi merah?

Kisah-kisah tersebut berasal dari ribuan tahun yang lalu.

Berikut ini adalah kumpulan beberapa mitos Tahun Baru Imlek yang populer dan menarik, dikutip dari chinesenewyear.net, Sabtu (25/1/2020):

1. Mitos Monster dan Malam Tahun Baru

Atraksi barongsai menghibur pengunjung Vihara Dhanagun pada malam Tahun Baru Imlek 2571 di Bogor, Jumat (24/1/2020). Atraksi barongsai dan liong dilakukan Grup Atraksi Seni Indonesia (GASI) untuk menghibur jemaah yang bersembahyang selama malam Imlek. (merdeka.com/magang/Muhammad Fayyadh)

Di zaman kuno, ada monster bernama Nián (年). Biasanya hidup di dasar laut dan muncul setahun sekali untuk berpesta. Pada hari itu, semua penduduk desa akan melarikan diri ke pegunungan.

Suatu ketika, seorang pengemis datang untuk mencari perlindungan, tetapi semua orang bergegas pergi.

Hanya ada seorang wanita tua yang mau menolongnya, dan si pengemis pun berjanji akan mengusir Nian. Dia lalu menyibukkan diri dengan mendekorasi rumah.

Pada tengah malam, Nian berjalan tertatih-tatih tetapi berhenti ketika melihat kertas merah di pintu. Saat meraung marah, petasan tiba-tiba terdengar dan ia gemetar ketakutan. Ketika melihat pengemis, berpakaian merah, menertawakannya, ia hanya bisa melarikan diri.

Penduduk desa kembali keesokan harinya dan terkejut melihat rumah-rumah masih berdiri. Mereka menyadari bahwa suara keras petasan dan warna merah adalah karya Nian.

2. Dumpling (Pangsit) dan Telinga

Photo exclusive

Beberapa orang mengatakan bahwa dumpling berbentuk seperti batangan emas dan perak. Yang lain mengatakan mereka terlihat seperti telinga.

Itu mungkin karena mitos tentang Dewi Nǚwā (女娲).

Dia menciptakan manusia dari tanah liat kuning. Tetapi dia menyadari bahwa telinga akan membeku dan pecah di musim dingin. Untuk mengatasi masalah ini, dia menjahit telinga dan meletakkan ujung benang ke mulut manusia.

Kemudian, untuk berterima kasih kepada Nǚwā, orang-orang membentuk adonan menjadi bentuk telinga. Mereka kemudian mengisinya dengan daging dan sayuran dan bukannya benang.

Jadi lain kali telinga Anda sangat dingin, Anda pikir mereka akan jatuh, berbahagialah karena hal itu tak akan terjadi. Lalu makanlah dumpling.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Asal Muasal Amplop Merah atau Angpau

Menurut legenda, dulu ada roh jahat bernama Sui (祟). Ia akan muncul pada Malam Tahun Baru dan menepuk kepala anak-anak yang sedang tidur tiga kali.

Setelah itu, konon anak-anak akan demam. Bahkan jika mereka pulih dari demam, kondisinya tidak akan pernah sama seperti sedia kala.

Suatu ketika ada salah satu pasangan menghibur anak mereka dengan beberapa koin di malam hari. Ketika sang buah hati tertidur, mereka meletakkan koin-koin itu di atas kertas merah dan meninggalkannya di bantal.

Ketika Sui datang, koin-koin itu bergerak dan membuatnya takut. Sejak saat itu, orang tua akan memberikan uang kepada anak-anak yang dibungkus kertas merah setiap Malam Tahun Baru.

Sekilas Soal Tradisi Angpau

Tradisi lucky money dimulai pada Dinasti Han.

Daripada uang sungguhan, mereka menggunakan kumpulan koin untuk mengusir roh jahat. Ungkapan dan simbol yang tidak menguntungkan terukir di permukaan. Berikut ini di antara tulisannya:

“Perdamaian dunia” (天下太平 —tiān xià tài píng), “Umur panjang dan kekayaan” (千秋 万岁 —qiān qiū wàn suì), naga dan burung phoenix adalah hal yang biasa.

Koin-koin itu diikat bersama dengan benang merah. Praktik itu kemudian beralih menggunakan kertas merah dan sekarang, dimasukkan ke dalam amplop merah.

3 dari 3 halaman

4. Tradisi Pakaian Dalam Merah

Tahun hewan zodiak Anda disebut benming year atau tahun benming (本命 年 —běn mìng nián). Sepanjang tahun itu, Anda cenderung menangkap perhatian iblis. Konon cara untuk melindungi diri adalah memakai pakaian dalam merah.

Diyakini bahwa sebelum berusia 100 hari, jiwa bayi dapat diambil kembali kapan saja. Jadi orangtua akan memberi bayi mereka liontin kunci.

Selama Dinasti Liao, benming year juga dikenal sebagai rebirth atau kelahiran kembali. Orang-orang akan merayakan kelahiran kembali mereka dengan upacara yang dilakukan oleh seorang pendeta perempuan (atau penyihir). Pada masa itu, keberuntungan Anda juga dianggap berisiko. 

Untuk mengunci keberuntungan dan jiwa Anda, orang kerap mengenakan pakaian merah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.