Sukses

Mengintip Perayaan Tahun Baru Imlek di Singapura dan Amerika

Intip perayaan Tahun Baru Imlek di beberapa negara berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta- Bagi sebagian besar warga China, Tahun Baru Imlek merupakan tradisi berkesan saat pulang mengunjungi keluarga. Perayaan yang hanya terjadi sekali dalam setahun tersebut biasanya dengan melakukan tradisi menonton kembang api, menghadiri festival lentera, hingga membagikan uang tunai dalam amplop merah (atau yang disebut sebagai Angpao) seperti dikutip dari CNN, Sabtu, (25/1/2020).

Tahun Baru Imlek, yang juga dikenal sebagai Tahun Baru China, jatuh pada Sabtu 25 Januari, seperti dikutip dari CNBC.

Perayaan ini akan diikuti oleh 15 hari perayaan yang menandai transisi dari Tahun Babi ke Tahun Tikus.

Berbagai kota di mancanegara dikabarkan akan ikut memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek, salah satunya adalah Singapura, New York, dan banyak kota lainnya.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Singapura

Berbagai macam acara dan festival Tahun Baru Imlek di Singapura juga akan dilangsungkan. Salah satunya adalah Parade Chingay yang terinspirasi oleh Mardi Gras.

Dimeriahkan dengan kembang api, petasan, higga lampu laser, parade tersebut dilangsungkan pada tanggal 31 Januari hingga 1 Febuari mendatang. 

Stephen Scott, Penasihat Perjalanan Mewah di Protravel International, juga merekomendasikan salah satu hotel yang memeriahkan penyambutan Tahun Tikus tersebut. Ia pun merekomendasikan sebuah makan malam di Fullerton Hotel Singapura yang terkenal ikonik.

Restoran Jade yang berlokasi di hotel tersebut menyediakan hidangan edisi khusus Tahun Baru Imlek yang unik. Hidangan tersebut dinamakan "Gold Rush Salmon Yu Sheng", yang dihidangkan dengan gambar tikus dan koin emas tradisional yang dibuat dari strip lobak berwarna putih, hijau, dan merah muda. 

3 dari 3 halaman

Chinatown, New York, AS

Chinatown, yang berlokasi di Kota New York, merupakan salah tuan rumah Tahun Baru Imlek yang terkenal di Amerika Serikat.

Banyak wilayah Chinatown di seluruh Kota New York dikabarkan akan menyelenggarakan acara Tahun Baru Imlek.

Ada 2 perayaan yang paling dikenal, yaitu Firecracker Ceremony dan Cultural Festival yang akan diselenggarakan esok hari.

Perayaan lainnya adalah Chinatown Lunar New Year Parade & Festival,  yang akan diselenggarakan pada 9 Febuari mendatang di Lower Manhattan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.