Senator Dilarang Main HP Saat Sidang Pemakzulan Donald Trump

Oleh Tommy Kurnia pada 24 Jan 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 24 Jan 2020, 18:00 WIB
Sketsa artis ini menggambarkan manajer pemakzulan Schiff yang mengajukan argumen dalam persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump. [Dana Verkouteren / AP Photo]
Perbesar
Sketsa artis ini menggambarkan manajer pemakzulan Schiff yang mengajukan argumen dalam persidangan pemakzulan Presiden Donald Trump. [Dana Verkouteren / AP Photo]

Liputan6.com, Washington D.C. - Sidang pemakzulan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memiliki aturan pelarangan smartphone atau benda elektronik lainnya. Masalahnya, sidang Trump bisa berlangsung seharian dan para senator gelisah karena tak boleh menggunakan produk elektronik. 

Dilaporkan Business Insider, Jumat (24/1/2020), Senator Ted Cruz dari Partai Republik sempat menuai kontroversi akibat dikira mengirimkan twit saat persidangan. Ia pun sempat meledek seorang pengamat politik CNN yang mengecam tindakannya yang melanggar aturan.

Tim komunikasi Ted Cruz memberi klarifikasi bahwa Ted Cruz tidak membawa smartphone ke ruang sidang pemakzulan. Selain Ted Cruz, senator-senator lain, termasuk dari Partai Demokrat, juga masih aktif di Twitter via tim komunikasi masing-masing. 

Semua benda elektronik harus dititipkan sebelum memasuki ruang sidang pemakzulan.

Reporter The Huffington Post melihat Senator Tom Cotton melanggar pelarangan benda elektronik. Ia terlihat memegang ponselnya meski tidak jelas apakah ia menggunakannya.  

Senator lain seperti Senator Patrick Leahy dan Senator Amy Klobuchar juga langsung menyambar ponsel mereka ketika sedang rehat. Senator Leahy bahkan sempat meniru gaya Gollum dari The Lord of the Rings, mengelus ponselnya dan berkata "oh, my precious". 

Ternyata tidak hanya HP, pemakaian smartwatch pun turut dilarang. Beberapa senator juga ketahuan menggunakan apple watch. 

Berikut sebagian aturan ketat sidang pemakzulan Donald Trump.

2 dari 3 halaman

Aturan Ketat Sidang Pemakzulan

Presiden Donald Trump ketika berbicara di Kellogg Arena terkait pemakzulannya.
Perbesar
Presiden Donald Trump ketika berbicara di Kellogg Arena terkait pemakzulannya. (Source: AP/ Evan Vucci)

Beberapa aturan sidang pemakzulan. Mulai larangan mengobrol hingga cara berbicara dengan hakim. 

  • Senator harus hadir di setiap persidangan 
  • Senator hanya punya kesempatan terbatas untuk memberi pidato saat persidangan 
  • Bahan-bahan bacaan harus dibatasi pada bacaan yang berhubungan dengan masalah di hadapan Senat 
  • Tidak boleh ada ponsel atau alat-alat elektronik di dalam ruangan. Segala barang elektronik mesti ditinggalkan di ruang penyimpanan mantel yang disediakan.  
  • Apabila pengambilan suara diperlukan selama persidangan, para Senator akan berdiri dan memberi suara dari kursi mereka 
  • Selama jalannya persidangan Hakim Agung mesti dipanggil sebagai Hakim Agung
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓