Sukses

Virus Corona Wuhan Diduga Berasal dari Ular di China

Ular weling dan kobra China diduga sebagai sumber asli dari Virus Corona yang baru ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Ular weling dan kobra China diduga sebagai sumber asli dari Virus Corona yang baru ditemukan. Virus ini telah memicu wabah penyakit pernapasan yang mematikan di Tiongkok pada musim dingin 2020.

Ular weling atau Bungarus Multicinctus adalah spesies ular elapid yang sangat berbisa. Reptil ini umumnya ditemukan di sebagian besar China tengah dan selatan, serta Asia Tenggara.

Penyakit akibat Virus Corona ini pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 di Wuhan, sebuah kota besar di China tengah, dan telah menyebar dengan cepat. Sejak itu, para pelancong yang sakit dari Wuhan telah menginfeksi orang-orang di China dan negara-negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Dengan menggunakan sampel virus yang diisolasi dari pasien, para ilmuwan di China telah menentukan kode genetik virus dan menggunakan mikroskop untuk memotretnya. Patogen yang bertanggung jawab atas pandemi ini adalah Virus Corona baru.

Virus ini ada dalam keluarga virus yang sama dengan Coronavirus sindrom pernafasan akut parah yang terkenal (SARS-CoV) dan Coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV), yang telah menewaskan ratusan orang dalam 17 tahun terakhir. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memberi nama coronavirus baru 2019-nCoV.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Coronavirus?

Nama Coronavirus berasal dari bentuknya, yang menyerupai mahkota atau korona matahari ketika dicitrakan menggunakan mikroskop elektron.

Gambar mikroskopis elektron, mengungkapkan detail struktur bentuk mahkota yang menjadi coronavirus. Gambar ini adalah coronavirus sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV).

Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) Coronavirus ditularkan melalui udara dan terutama menginfeksi saluran pernapasan atas dan saluran pencernaan mamalia dan burung. Meskipun sebagian besar anggota keluarga Coronavirus hanya menyebabkan gejala mirip flu ringan selama infeksi, SARS-CoV dan MERS-CoV dapat menginfeksi saluran udara bagian atas dan bawah serta menyebabkan penyakit pernapasan parah dan komplikasi lain pada manusia.

2019-nCoV baru ini menyebabkan gejala yang mirip dengan SARS-CoV dan MERS-CoV. Orang yang terinfeksi dengan virus korona ini menderita respons peradangan yang parah.

Sayangnya, tidak ada vaksin atau pengobatan antivirus yang disetujui tersedia untuk infeksi Coronavirus. Pemahaman yang lebih baik tentang siklus hidup 2019-nCoV, termasuk sumber virus, bagaimana penularannya dan bagaimana replikasi diperlukan untuk mencegah dan mengobati penyakit.

3 dari 4 halaman

Penularan dari Hewan di Pasar

Baik SARS dan MERS diklasifikasikan sebagai penyakit virus zoonosis, yang berarti pasien pertama yang terinfeksi mendapatkan virus ini langsung dari hewan. Ini dimungkinkan karena sementara di inang hewan, virus telah memperoleh serangkaian mutasi genetik yang memungkinkannya untuk menginfeksi dan berkembang biak di dalam manusia.

Sekarang virus ini dapat ditularkan dari orang ke orang. Studi lapangan telah mengungkapkan bahwa sumber asli SARS-CoV dan MERS-CoV adalah kelelawar, dan bahwa musang bertopeng (masing-masing mamalia asli Asia dan Afrika) dan unta, masing-masing, berfungsi sebagai inang antara kelelawar dan manusia.

Dalam kasus wabah Coronavirus 2019 ini, laporan menyatakan bahwa sebagian besar kelompok pasien pertama yang dirawat di rumah sakit adalah pekerja atau pelanggan di pasar grosir makanan laut lokal yang juga menjual daging olahan dan hewan konsumsi seperti unggas, keledai, domba, babi, unta, rubah, musang, tikus bambu, landak dan reptil. Namun, karena tidak ada yang pernah melaporkan menemukan Coronavirus menginfeksi hewan air, masuk akal bahwa Coronavirus mungkin berasal dari hewan lain yang dijual di pasar itu.

Hipotesis bahwa 2019-nCoV melompat dari hewan di pasar sangat didukung oleh publikasi baru dalam Journal of Medical Virology. Para ilmuwan melakukan analisis dan membandingkan urutan genetik 2019-nCoV dan semua Coronavirus lainnya yang diketahui.

Studi tentang kode genetik 2019-nCoV mengungkapkan bahwa virus baru ini paling erat kaitannya dengan dua sampel kelelawar yang mirip virus SARS dari China, awalnya menunjukkan bahwa, seperti SARS dan MERS, kelelawar mungkin juga merupakan asal dari 2019-nCoV.

Para penulis lebih lanjut menemukan bahwa urutan pengkodean RNA virus protein lonjakan 2019-nCoV, yang membentuk "mahkota" partikel virus yang mengenali reseptor pada sel inang, menunjukkan bahwa virus kelelawar mungkin telah bermutasi sebelum menginfeksi orang.

Tetapi ketika para peneliti melakukan analisis bioinformatika yang lebih rinci dari urutan 2019-nCoV, itu menunjukkan bahwa Coronavirus ini mungkin berasal dari ular. Pasar Makanan Laut Grosir Wuhan Huanan, tempat wabah Coronavirus diyakini telah dimulai, sekarang ditutup.

 

 

4 dari 4 halaman

Dari Kelelawar hingga Ular

Para peneliti menggunakan analisis kode protein yang disukai oleh Coronavirus baru dan membandingkannya dengan kode protein dari Coronavirus yang ditemukan di inang hewan yang berbeda, seperti burung, ular, marmut, landak, manis, kelelawar dan manusia. Yang mengejutkan, mereka menemukan bahwa kode protein pada 2019-nCoV paling mirip dengan yang digunakan pada ular.

Ular sering berburu kelelawar di alam liar. Laporan menunjukkan bahwa ular dijual di pasar makanan laut lokal di Wuhan, meningkatkan kemungkinan bahwa 2019-nCoV mungkin telah melompat dari spesies inang - kelelawar - menjadi ular dan kemudian ke manusia pada awal wabah koronavirus ini.

Namun, bagaimana virus dapat beradaptasi dengan inang berdarah dingin dan berdarah panas masih menjadi misteri. Penulis laporan dan peneliti lain harus memverifikasi asal virus melalui percobaan laboratorium.

Mencari urutan 2019-nCoV pada ular akan menjadi hal pertama yang dilakukan. Namun, sejak wabah, pasar makanan laut telah didesinfeksi dan ditutup, yang membuatnya sulit untuk melacak hewan sumber virus baru.

Pengambilan sampel RNA virus dari hewan yang dijual di pasar dan dari ular dan kelelawar liar diperlukan untuk mengonfirmasi asal virus. Meskipun demikian, temuan yang dilaporkan juga akan memberikan wawasan untuk mengembangkan protokol pencegahan dan pengobatan. Wabah 2019-nCoV adalah pengingat lain bahwa orang harus membatasi konsumsi hewan liar untuk mencegah infeksi zoonosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.