Semarang Jadi Kota Terbersih ASEAN, Jakarta Raih Honorable Mention STA 2020

Oleh Liputan6.com pada 22 Jan 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 18:35 WIB
Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan Honorable Mention di STA 2020.

Liputan6.com, Washington DC - Indonesia meraih prestasi yang membanggakan dalam bidang industri pariwisata, yaitu ditetapkannya Semarang sebagai salah satu kota wisata paling bersih di kawasan Asia Tenggara oleh ASEAN pada Kamis, 16 Januari 2020. Penghargaan itu diberikan dalam acara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 yang digelar di Brunei Darussalam.

Rupanya pada pekan lalu, tepatnya Selasa, 14 Januari, Indonesia juga menuai prestasi dengan meraih penghargaan Honorable Mention di Sustainable Transport Award Ceremony (STA) 2020 di Washington, DC. Demikian dilansir dari idtp.org, Rabu (22/1/2020).

Ajang penghargaan transportasi itu dimulai dengan sambutan oleh Heather Thompson, CEO Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) yang memahami peran yang diambil oleh beberapa kota secara global karena pemerintah nasional mereka menghindari mengambil tindakan penting dalam perubahan iklim.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri haryati, menjelaskan keberhasilan dari Transjakarta, yang sekarang menjadi salah satu Bus Rapid Transit (BRT) terpanjang di dunia dengan hampir satu juta penumpang sebagai keberhasilan yang telah lama diperjuangkan. Kesuksesan Transjakarta telah membantu membangun pondasi angkutan umum yang kuat di Jakarta.

Jakarta masuk dalam putaran final bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia, seperti Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan negara lainnya. 

Untuk hasil akhirnya, Pune, India ditetapkan sebagai kota pemenang STA 2020 dan Jakarta sebagai Honorable Mention. Jakarta juga merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerima penghargaan dunia di bidang transportasi ini.

2 dari 3 halaman

Penghargaan Sebagai Motivasi

Jakarta menerima penghargaan Honorable Mention di STA 2020.
Jakarta menerima penghargaan Honorable Mention di STA 2020. (source: instagram/@aniesbaswedan)

Jakarta meraih penghargaan “Honorable Mention” untuk ekspansi BRT mereka, salah satunya Transjakarta, yang saat ini merupakan terpanjang di Asia Tenggara dan yang telah melipatgandakan keanggotaannya dalam waktu kurang dari tiga tahun.

Transjakarta, yang penumpangnya telah bertambah dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir, sekarang melayani hampir satu juta penumpang per hari berkat integrasi yang sukses dengan transit informal serta perluasan dan peningkatan layanan.

Melalui akun Instagramnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengutarakan rasa syukur atas pencapaian Jakarta dalam ajang penghargaan transportasi dunia tersebut dan memaparkan beberapa rencana untuk melakukan perbaikan pada beberapa fasilitas ke depannya.

 
 
 
View this post on Instagram

Alhamdulillah, berbarengan dengan 16 tahun TransJakarta, DKI Jakarta meraih Penghargaan Honorable Mention” di ajang Sustainable Transport Award 2020, di Washington DC.⁣ ⁣ Honorable Mention diberikan atas usaha kita dalam memperluas sistem BRT, Transjakarta, integrasi antarmoda transportasi (JakLingko), dan peningkatan fasilitas pejalan kaki dan akses menuju stasiun dan halte angkutan umum. Serta kenaikan pesat jumlah penumpang TransJakarta hingga 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun.⁣ ⁣ Jakarta masuk dalam nominasi STA 2020 karena banyaknya PERUBAHAN positif yang terjadi di Jakarta dalam kaitannya dengan sistem transportasi berkelanjutan. Kita masuk dalam putaran final bersama 12 kota dari berbagai negara di dunia, sebut saja Richmond (USA), San Jose (Costa Rica), Kingston (Canada), Bogota (Colombia) dan lain sebagainya. Dalam prosesnya, Jakarta menduduki posisi 3 besar bersama Pune (India) dan Kigali (Rwanda).⁣ ⁣ Hingga akhirnya Jakarta dianugerahi Honorable Mention. Juara STA 2020 tahun ini memang Pune. Tapi sejak penilaian selesai justru kita lebih semangat lagi lakukan perbaikan, misal penambahan rute JakLingko, integrasi antarmoda semakin baik, penambahan jalur sepeda, complete streets diperbanyak, dan Pemprov DKI baru saja memulai kerja sama dengan PT KAI untuk integrasi dan penataan stasiun Jabodetabek.⁣ ⁣ Pengakuan global ini adalah bonus bagi kita semua. Penghargaan terbesar justru dari warga Jakarta yg semakin sering naik transportasi publik karena merasakan manfaat langsung dari perbaikan yg dijalankan. Terima kasih kepada teman-teman yang telah ikut menjadi bagian dari perubahan di Jakarta.⁣ ⁣ ⁣ #STA2020⁣ #SustainableTransportAward⁣ #DKIJakarta⁣ #TransJakarta⁣ #JakLingko⁣ #ITDPIndonesia

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Setiap tahun, ITDP dan Komite Penghargaan Transportasi Berkelanjutan memilih penghargaan sebuah kota untuk proyek-proyek transportasi berkelanjutan yang inovatif dari pendahulunya. Banyak dari proyek ini membutuhkan keberanian politik dan meningkatkan keselamatan bagi pejalan kaki dan pengendara sepeda dan mobilitas bagi penduduk kota serta mengurangi gas rumah kaca yang berbahaya dan polusi.

Seperti yang ditulis dari akun resmi Facebook Pemprov DKI Jakarta, sistem transportasi di Jakarta telah mengalami berbagai kemajuan, di antaranya adalah penumpang Transjakarta naik 200% dalam waktu kurang dari 3 tahun, pembangunan integrasi sistem BRT dengan mikrobus (angkot), serta kehadiran sistem metro (MRT) pertama yang memberikan pilihan moda transportasi.

Dan peningkatan fasilitas pejalan kaki, akses menuju stasiun dan halte angkutan umum serta menciptakan hub-hub untuk mengintegrasikan pelbagai moda.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih bagi Jakarta untuk semakin mengembangkan sistem transportasi terintegrasi agar Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali warganya,” ungkap Ibu Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓