Sukses

Top 3: Semarang jadi Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara Terpopuler

ASEAN menetapkan Semarang sebagai salah satu kota wisata terbersih se-Asia Tenggara hingga fakta-fakta Jabba the Jihadi pemimpin ISIS jadi artikel terpopuler edisi 21 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Berita pertama yang paling menjadi sorotan adalah Kota Semarang ditetapkan oleh ASEAN sebagai salah satu kota wisata paling bersih di kawasan Asia Tenggara. Kabar gembira sekaligus prestasi ini diumumkan pada acara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 yang digelar di Brunei Darussalam pada Kamis 16 Januari 2020.

Tak kalah menarik perhatian, Abu Abdul Bari pemimpin ISIS dengan julukan Jabba the Jihadi baru saja ditangkap di Irak. Fakta bahwa ia menghalalkan budak seks tengah menjadi perbincangan. 

Dilaporkan New York Post, Senin (20/1/2020), Jabba the Jihadi ini tenyata juga seorang mufti. Ia dijuluki Mufti dari Mosul dan kerap memberikan fatwa kontroversial.

Jabba the Jihadi dituding memberikan justifikasi agama untuk memperbudak ratusan wanita Yazidi. Ini ia fatwakan setelah ISIS menyerang etnis Yazidi pada Agustus 2014.

Berikut 3 artikel terpopuler kanal Global Liputan6.com edisi Selasa (21/1/2020):

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. ASEAN Tetapkan Semarang Jadi Salah Satu Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara

Kota Semarang ditetapkan oleh ASEAN sebagai salah satu kota wisata paling bersih di kawasan Asia Tenggara. Kabar gembira sekaligus prestasi ini diumumkan pada acara ASEAN Tourism Forum (ATF) 2020 yang digelar di Brunei Darussalam pada Kamis 16 Januari 2020. 

ATF merupakan sebuah forum tahunan yang melibatkan industri pariwisata dari 10 negara anggota termasuk Singapura, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand dan Indonesia. Setiap tahunnya, ATF akan digelar di tempat yang berbeda secara bergantian. Kalau Brunei Darusalam menjadi tuan rumahnya pada tahun ini, Indonesia akan mendapat gilirannya pada tahun 2022. 

 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Halalkan Budak Seks, 6 Fakta Jabba the Jihadi Pemimpin ISIS Bertubuh Jumbo

Pasukan Irak menangkap salah satu pemimpin ISIS yang dijuluki "Jabba the Jihadi".  

Pemilik nama Abu Abdul Bari yang memiliki berat 560 pon itu juga dikenal sebagai Shifa al-Nima. Ia ditangkap pada Kamis 16 Januari oleh tim elit SWAT dari resimen Nineveh di kota Mosul, demikian dilaporkan Stars and Stripes.

Berikut 7 fakta sosok Jabba the Jihadi yang dirangkum dari berbagai sumber:

 

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Jabba the Jihadi Pernah Halalkan Budak Seks untuk ISIS

Militan ISIS bernama Abu Abdul Bari mendadak menjadi bahan sorotan karena kondisi obesitas yang ia miliki. Ia pun mendapat julukan Jabba the Jihadi (Jabba si Jihadis) karena kemiripannya dengan karakter Jabba dari Star Wars.

Kini terkuak kemiripan Abu Abdul Bari dengan tokoh Jabba tak hanya dari segi obesitas, melainkan kelakuan mereka dalam memperbudak wanita.

 

Baca selengkapnya...

 

Reporter: Deslita Krissanta Sibuea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.