Sukses

Ahli Kesehatan: Virus Corona China Bisa Menular Antar-Manusia

Para ahli kesehatan tengah menyelidiki dan menemukan sejumlah bukti yang menyatakan adanya kemungkinan bahwa virus corona dapat menular dari satu pasien ke orang lain.

Liputan6.com, Wuhan - Wabah mirip pneumonia di China tengah menyebar, sudah lebih dari 200 orang didiagnosis dengan virus mirip SARS itu. Bahkan, ahli kesehatan mengatakan sekarang ada bukti bahwa penyakit ini dapat menyebar dari satu orang ke lainnya.

Dengan meningkatnya pencarian dan pengujian virus baru di antara orang-orang dengan gejala seperti demam dan batuk, jumlah kasus di China melonjak selama akhir pekan. Wuhan, sebagai pusat wabah, sekarang memiliki hampir 200 kasus yang telah dikonfirmasi, dengan tiga kasus kematian.

Kasus-kasus lainnya juga dilaporkan di Beijing dan Provinsi Guangdong, seperti dilansir dari Straits Times, Senin (20/1/2020).

Selain wilayah China, Korea Selatan mendeteksi kasus pertamanya, menurut kantor berita Yonhap, yang menambahkan kasus yang ditemukan di Thailand dan Jepang sebelumnya. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merilis pedoman untuk deteksi diagnostik virus pada hari Jumat 17 Januari, sambil mengkonfirmasi kecurigaan bahwa penyakit tersebut dapat menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Namun saat itu, belum ada laporan tentang pekerja kesehatan yang terinfeksi, suatu tanda bahwa virus itu kemungkinan tidak menular seperti SARS, yang menewaskan hampir 800 orang pada 17 tahun lalu.

"Jelas bahwa setidaknya ada beberapa penularan dari manusia ke manusia dari bukti yang kami miliki, tetapi kami tidak memiliki bukti jelas yang menunjukkan bahwa virus telah memperoleh kapasitas untuk menularkan di antara manusia dengan mudah," kata Dr Takeshi Kasai, direktur regional WHO untuk pasifik barat, dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV pada hari Senin.

"Kami membutuhkan lebih banyak informasi untuk menganalisa itu."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dunia Waspada

Negara-negara di seluruh dunia kini tengah meningkatkan upaya screening di antara para penumpang yang tiba menjelang festival Tahun Baru China yang dimulai Jumat ini, di mana menjadi periode perjalanan yang tinggi bagi orang-orang China.

Bandara Internasional di New York, Los Angeles, dan San Francisco mulai melakukan screening mulai Jumat malam, disusul dengan kota-kota di Asia yang menerapkan langkah-langkah pengawasan beberapa hari setelah wabah dilaporkan pada 31 Desember.

Di Wuhan, petugas layanan kesehatan tersebar di 11 juta kota, turut melakukan pengecekan lebih ketat terhadap gejala di antara orang-orang yang menaiki pesawat dan kereta api.

"Ini adalah situasi di mana kita mungkin akan melihat kasus-kasus lainnya di seluruh dunia, ketika semakin banyak orang yang terinfeksi oleh virus ini," ujar Dr Nancy Messonnier, Direktur Pusat Nasional untuk Pengendalian Penyakit dan Pencegahan (CDC) Pusat Nasional AS untuk Imunisasi dan Penyakit Pernafasan, kepada wartawan pada hari Jumat.

"Sangat masuk akal bahwa setidaknya akan ada kasus yang terjadi nantinya di Amerika Serikat, dan itulah alasan mengapa kami bergerak begitu cepat dengan screening ini."

3 dari 3 halaman

Produsen Antibiotik Tuai Keuntungan

Ada kemungkinan bahwa lebih dari 1.700 orang di Wuhan telah terinfeksi virus ini, Prof Neil Ferguson dan rekan-rekannya di Imperial College London mengatakan dalam sebuah penelitian pada hari Jumat.

Analisis mereka didasarkan pada kasus-kasus yang dilaporkan di luar wilayah China pekan lalu, dengan asumsi bahwa dibutuhkan lima atau enam hari bagi seseorang untuk merasa sakit setelah terinfeksi, dan empat atau lima hari lagi baru infeksi dapat terdeteksi.

Menyebarnya kasus memicu reli di saham produsen obat China pada hari Senin.

Produsen antibiotik Jiangsu Lianhuan Pharmaceutical Co, Shandong Lukang Pharmaceutical Co dan Shenzhen Neptunus Bioengineering Co semua naik dengan batas harian 10 persen pada awal perdagangan.

Saham perusahaan di sektor perjalanan dan perhotelan turun karena kekhawatiran akan pariwisata selama Tahun Baru Imlek, yang secara tradisional merupakan periode puncak pengeluaran untuk kekuatan konsumen berkekuatan miliaran di Tiongkok.

Sebaliknya, maskapai penerbangan China dan operator kasino Makau termasuk di antara mereka yang mengalami kerugian terbesar pada hari Senin, dengan Air China Ltd menurun sebanyak 7,8 persen di Hong Kong.

Novel Coronavirus, yang dikenal sebagai 2019-nCoV, telah memicu sinyal peringatan karena kesamaan dengan yang memicu Sindrom Pernafasan Akut Parah, atau SARS, 17 tahun yang lalu.

Virus corona termasuk dalam keluarga besar virus yang beberapa menyebabkan penyakit pada manusia, dan yang lainnya beredar di antara hewan, termasuk unta, kucing, dan kelelawar, kata CDC. Meskipun langka, virus corona hewan dapat berevolusi dan menginfeksi manusia, yang kemudian menyebar di antara manusia.

Sumber dan rute transmisi virus 2019-nCov masih belum diketahui, Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

Beberapa kelompok pasien pertama di Wuhan bekerja atau berbelanja di pasar makanan laut di mana binatang hidup dan bagian satwa liar juga dilaporkan dijual.

Tak lama kemudian, otoritas kesehatan provinsi di Guangdong mengkonfirmasi sebuah kasus pada hari Minggu di seorang warga Shenzhen berusia 66 tahun yang mengalami demam dan kelelahan pada 3 Januari selama perjalanan lima hari ke Wuhan.

Dua kasus telah dikonfirmasi di Beijing, menurut sebuah pernyataan oleh otoritas kesehatan setempat pada hari Senin.

Setelah itu, pejabat di Thailand melaporkan dua kasus pekan lalu, sementara Jepang mengkonfirmasi satu kasus pada hari Kamis. Mereka semua tinggal di Wuhan atau menghabiskan waktu di sana, meskipun tidak ada yang terkait dengan pasar makanan laut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.