Sukses

20-1-1981: Aktor Hollywood Dilantik Jadi Presiden AS

Seorang aktor film Hollywood dilantik jadi Presiden. Namanya Ronald Reagan.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 20 Januari di tahun 1981, sejarah baru tercatat di AmerikaSerikat. Seorang aktor film Hollywood dilantik jadi Presiden. Namanya Ronald Reagan.

Seperti dimuat History.com, aktor film terkenal di era tahun 70-an itu disumpah untuk menjadi Presiden ke-40 Negeri Paman Sam. Dia sebelumnya dikenal sebagai pemeran film "Law and Order" dan juga merupakan presenter acara "Death Valley Days".

Sebelum terjun ke dunia politik, citra Ronald Reagan memang sudah mentereng. Dia dikenal dengan imej-nya sebagai pria baik, karena dalam film-film yang diperankan selalu beraksi sebagai pahlawan. Bertindak sebagai koboi pembasmi kejahatan. Imej ini lah yang konon menjadi nilai untuk mendongkrak dirinya memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat.

Selain dikenal sebagai pria baik, Reagan juga merupakan sosok konservatif yang vokal. Dia kerap bersuara lantang terkait anti-komunisme yang menjadikannya pusat perhatian masyarakat Amerika.

Sebelumnya Ronald Reagan adalah Gubernur California yang menjabat selama dua periode. Kemudian kariernya naik menjadi presiden setelah mecalonkan diri sebagai kandidat dari Partai Republik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubah Gaya Pemerintahan AS

Selama 8 tahun menjadi presiden AS, Reagan mengubah gaya pemerintahan dari Liberal Demokratis menjadi Konservatif Republik. Gedung Putih gencar menangkal pengaruh Uni Soviet sebagai dedengkot komunis di level global.

Saat itu, AS memberikan bantuan kepada gerilyawan anti-komunis dan gerakan perlawanan yang bertujuan menggulingkan pemerintahan kiri yang disokong Soviet, baik di negara-negara Afrika, Asia, juga Amerika Latin. Salah satu pihak yang didukung pendanaannya adalah para mujahidin Afghanistan yang saat itu sedang berjihad melawan invasi Soviet.

Selain itu, Reagan juga menggelontorkan dana besar untuk program senjata dan militer AS. Hal itu semua ia lakukan demi memenangkan Perang Dingin untuk membasmi komunisme serta menjadikan AS sebagai negara adidaya satu-satunya di dunia.

Sejarah lain mencatat pada tanggal 20 Januari merupakan tanggal di mana sejumlah presiden AS dilantik. Seperti Barack Obama yang dilantik pada 20 Januari 2009, menjadikannya presiden berkulit hitam pertama yang memimpin Negeri Paman Sam. Kemudian John F Kennedy yang kala itu berusia 43 tahun resmi menjadi presiden ke-35 AS pada 20 Januari 1961, menjadikanya presiden termuda sepanjang sejarah AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini