Sukses

Restu hingga Harapan Ratu Elizabeth II untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle

Percakapan antara Ratu Elizabeth II dan Anggota Keluarga Kerajaan berlangsung hangat

Liputan6.com, London- Pertemuan Keluarga Kerajaan Inggris di Sandringham Estate, Norfolk, Inggris, yang berlangsung beberapa hari lalu, membahas keputusan mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari Anggota Senior Kerajaan atau Megxit.

Pertemuan pribadi tersebut melibatkan Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran Harry beserta istrinya Meghan Markle, yang bergabung melalui sambungan telepon dari Kanada.

Di Sandringham Estate, Ratu Elizabeth II memberikan restunya untuk mengabulkan keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk kehidupan yang lebih mandiri dan membuat mereka tinggal paruh waktu antara Inggris dan Kanada.

Keputusan itu sontak mengagetkan. Publik Inggris terbelah, separuh mendukung keputusan Meghan dan Harry, lainnya menentang. Kata 'Megxit' (Meghan-Harry exit) kemudian trending, mengingatkan pada istilah 'Brexit' atau keputusan Britania Raya keluar dari Uni Eropa yang sebelumnya mengirimkan efek kejut ke seluruh dunia.

Ratu Elizabeth II pun mengeluarkan pernyataannya setelah melaksanakan pembicaraan antara Anggota Senior Keluarga Kerajaan untuk membahas peran baru bagi Pangeran Harry dan Meghan Markle (Duke dan Duchess of Sussex), seperti dikutip dari BBC News, Minggu (19/1/2020).

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selalu Jadi Anggota Keluarga

Pernyataan hangat tersebut berisikan dukungan yang tampak diberikan Ratu Elizabeth II kepada cucunya, yaitu Pangeran Harry dan Meghan Markle. Dalam pernyataan tersebut, ia menyampaikan:

"Setelah berbulan-bulan percakapan dan diskusi baru-baru ini, saya senang bahwa bersama-sama kami telah menemukan jalan maju yang konstruktif dan mendukung untuk cucu saya dan keluarganya.

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat saya cintai," kata sang Ratu. 

3 dari 3 halaman

Harapan Ratu

Ratu Elizabeth II juga menyampaikan pemahaman yang sudah ia rasakan akan apa saja yang sudah dilalui Pangeran Harry, dan istrinya, Meghan Markle. 

"Saya menyadari tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri," ungkap Ratu. 

Tak hanya sampai disitu, Ratu Elizabeth II juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih, atas usaha dan upaya dalam bertugas yang telah dijalankan Duke dan Duchess of Sussex tersebut.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka atas semua kerja penuh dedikasi mereka di seluruh negeri ini, Persemakmuran dan seterusnya, dan saya sangat bangga dengan bagaimana Meghan begitu cepat menjadi salah satu bagian dari keluarga."

"Ini adalah harapan seluruh keluarga saya bahwa perjanjian hari ini memungkinkan mereka untuk mulai membangun kehidupan baru yang bahagia dan damai," imbuh Ratuz. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.