Jenderal AS: Pasukan Amerika 100 Persen Mampu Hadapi Korea Utara

Oleh Liputan6.com pada 19 Jan 2020, 08:03 WIB
Diperbarui 19 Jan 2020, 08:03 WIB
Jenderal John Hyten, Wakil Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS.
Perbesar
Jenderal John Hyten, Wakil Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS. (Source:AP)

Liputan6.com, Washington D.C - Amerika telah lama melihat upaya Korea Utara untuk memiliki senjata nuklir sebagai ancaman keamanan nasional utama. Namun, rudal yang akan digunakan Pyongyang untuk mengirim bom atom, tampaknya merupakan masalah yang berbeda.

Seorang Jenderal tinggi AS menepis keprihatinan bahwa program rudal Korea Utara yang berkembang pesat saat ini mampu membuat misil yang bisa menargetkan pertahanan AS. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (18/1/2020).

"Saya punya rasa percaya diri 100%," kata Jenderal John Hyten, Wakil Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata AS mengatakan kepada hadirin di Washington.

"Saya punya kepercayaan 100% pada kemampuan AS menghadapi Korea Utara,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

Washington vs Pyongyang

Trump dan Kim Jong-un
Perbesar
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bertemu dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di zona demiliterisasi Korea (DMZ), Desa Panmunjom pada Minggu (30/6/2019). Ini adalah kali pertama seorang presiden AS menginjakkan kaki di negara tersebut. (AP Photo/Susan Walsh)

Para pejabat militer dan intelijen AS mengawasi Pyongyang sejak akhir tahun lalu, ketika pemimpin Kim Jong Un mengancam untuk memberi Washington "kado Natal" yang mungkin tidak disukai AS.

Ketika itu, para pejabat AS mengharapkan semacam uji senjata atau salah satu rudal balistik jarak jauh negara itu. Hanya saja uji coba seperti itu tidak pernah terwujud. Dan dengan perundingan antara Washington dan Pyongyang tampaknya macet, ada kekhawatiran muncul bahwa solusi diplomatik damai mungkin tidak akan tercapai.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓