Sukses

Ucap Sumpah Senator AS, Awal Sidang Pemakzulan Donald Trump 21 Januari

Proses sidang Presiden AS Donald Trump yang akan dimulai pada 21 Januari diawali dengan pengambilan sumpah para anggota DPR.

Liputan6.com, Washington D.C - Rangkaian prosesi sidang pemakzulan Presiden AS Donald Trump telah dimulai pada Kamis 16 Januari 2020 di Senat, ketika para anggota parlemen mengucap sumpah yang menyatakan keseriusan mereka untuk tidak memihak dalam memutuskan keputusan akhir lengsernya Presiden AS ke-45 tersebut. 

Prosesi tersebut berlangsung dengan tegang, ketika Ketua Mahkamah Agung John Roberts yang terlihat mengenakan jubah hitam, mengangkat tangan kanannya ketika dia disumpah untuk memimpin persidangan. 

Ia kemudian memberikan sumpah kepada para senator sesuai gilirannya sebelum mengadakan sidang pemakzulan yang bersejarah bagi Amerika, seperti dimuat oleh Channel News Asia, Jumat (17/1/2020).

Roberts bertanya apakah mereka berani bersumpah untuk memberikan "keadilan yang tidak memihak" menurut Konstitusi AS, dan 99 anggota parlemen - satu tidak hadir - menanggapi secara serentak: "Ya."

Sebelumnya pada hari itu, dalam momen yang sangat simbolis, dua pasal pemakzulan yang menuduh Trump dengan penyalahgunaan kekuasaan dan halangan Kongres, dibacakan di kantor Senat.

Penjaga Senat AS Michael Stenger mengeluarkan peringatan saat persidangan sedang berlangsung.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Pasal Pemakzulan Dibacakan Sebelumnya

Adam Schiff, ketua Komite Intelijen Dewan yang akan bertindak sebagai ketua jaksa dalam persidangan, kemudian membacakan dua artikel pemakzulan yang menuduh Trump melakukan kejahatan tingkat tinggi dan perbuatan kurang baik. 

Trump telah mencemooh proses pemakzulan selama berbulan-bulan. Ia menanggapi pembukaan persidangan dengan lag-lagi mencapnya sebagai tipuan. 

"Saya pikir itu harus berjalan sangat cepat," kata Trump kepada wartawan di Oval Office.

"Ini benar-benar berpihak," kata Trump. "Saya harus mengalami tipuan palsu yang dilakukan oleh Demokrat sehingga mereka dapat mencoba dan memenangkan pemilihan."

Gedung yang dikuasai Demokrat, dalam pemungutan suara yang sangat partisan, memakzulkan Trump pada 18 Desember atas masalahnya dengan Ukraina dan upaya selanjutnya untuk menghalangi penyelidikan.

3 dari 4 halaman

Butuh Dua Pertiga Suara

Aturan yang berlaku menuntut suara dari mayoritas dua pertiga Senat hingga akhirnya dapat mengeluarkan seorang presiden, namun di sisi lain lengsernya Trump secara luas diharapkan di Senat yang didominasi oleh Republik.

Hakim Roberts, 64, diangkat ke pengadilan tinggi negara itu oleh Presiden George W Bush, dan akan memimpin durasi persidangan, yang diperkirakan akan berlangsung selama dua pekan.

Setelah sumpah para senator, Senat ditunda sampai pukul 13.00 siang pada hari Selasa ketika penuntutan mulai mengemukakan kasusnya terhadap presiden.

Satu senator - James Inhofe dari Republik - tidak hadir karena urusan medis darurat tetapi informasi mengatakan dia akan dilantik tanpa penundaan pada hari Selasa, ketika sidang pemakzulan Trump dimulai dengan sungguh-sungguh.

4 dari 4 halaman

Latar Belakang Pemakzulan Donald Trump

Trump dituduh menyalahgunakan kekuasaan karena menahan bantuan militer ke Ukraina serta pertemuan pihak Gedung Putih dengan Presiden Ukraina, dengan imbalan penyelidikan terhadap calon saingannya dalam pemilihan presiden Demokrat Joe Biden.

Kantor Akuntabilitas Pemerintah non-partisan menyimpulkan dalam sebuah laporan yang dirilis Kamis bahwa Gedung Putih melanggar hukum federal dengan menahan dana yang disetujui secara kongres untuk Ukraina.

"Eksekusi hukum tidak mengizinkan Presiden untuk mengganti prioritas kebijakannya sendiri dengan prioritas yang telah ditetapkan oleh Kongres menjadi undang-undang," menurut GAO, pengawas kongres.

Artikel kedua tentang pemakzulan untuk menghalangi Kongres berkaitan dengan penolakan Trump untuk memberikan saksi dan dokumen kepada penyelidik pemakzulan Gedung Putih yang menyangkal panggilan pengadilan di Kongres.

Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell sangat kritis terhadap pemakzulan Trump hingga pihak Demokrat telah menuduhnya berencana untuk mengawasi persidangan palsu di Senat.

McConnell mengatakan dia akan mengoordinasikan pertahanan Trump di Senat yang dipimpin Partai Republik dengan Gedung Putih.

"Itu adalah kinerja partisan yang transparan dari awal hingga akhir," kata McConnell tentang pemakzulan DPR. "Tapi itu bukanlah kemana proses ini akan berjalan."

"Waktu DPR sudah berakhir," kata senator Partai Republik dari Kentucky. "Waktu Senat sudah dekat."

Ketua DPR Nancy Pelosi mengatakan bahwa Trump tidak memberikan opsi kepada DPR.

"Ini adalah hari yang menyedihkan bagi Amerika," kata Pelosi kepada wartawan. "Kami tidak diberi pilihan."

Tindakan Trump yang merusak keamanan nasional, merupakan pelanggaran sumpah jabatannya dan "membahayakan integritas pemilihan kita", katanya.

Selama berminggu-minggu, Pelosi menahan pengiriman artikel ke Senat ketika dia menekan McConnell untuk setuju untuk memanggil saksi dan dokumen, di mana Gedung Putih diblokir dari akses tersebut.

McConnell menolak untuk melakukannya, ia mengatakan masalah hanya akan diputuskan setelah argumen pembukaan persidangan.

Seorang pejabat administrasi Trump mengatakan kepada wartawan bahwa mereka mengharapkan persidangan berlangsung tidak lebih dari dua minggu, karena akan menunjukkan McConnell dapat menggunakan 53-47 mayoritasnya dari Partai Republik untuk melumpuhkan panggilan untuk saksi dan dengan cepat mengambil tuduhan untuk pemungutan suara.

Selain Schiff, tim penuntut akan mencakup ketua Komite Kehakiman Jerry Nadler; Ketua Kaukus Demokratik Rumah Hakeem Jeffries; Zoe Lofgren, seorang veteran dari dua investigasi pemakzulan sebelumnya; dan tiga lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.