Sukses

Spacewalk 2 Astronaut Wanita Sukses Ganti Baterai Stasiun Antariksa Internasional

Dua astronaut wanita Amerika Serikat (AS) menuntaskan aktivitas spacewalk atau berjalan di luar Stasiun Antariksa Internasional.

Liputan6.com, Jakarta Dua astronaut wanita Amerika Serikat (AS) menuntaskan aktivitas spacewalk atau berjalan di luar Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS). Spacewalk yang dilakukan pada  pada Rabu 15 Januari itu untuk mengganti baterai pada tiang penopang stasiun tersebut.

Astronaut Christina Koch dan Jessica Meir menuntaskan misi spacewalk mereka pada pukul 14.04 Waktu Timur AS (pukul 02.04 WIB keesokan harinya) yang berlangsung sekitar tujuh jam 29 menit, demikian menurut Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Ini merupakan spacewalk kedua yang dilakukan tim yang seluruhnya wanita. Koch dan Meir menuntaskan spacewalk pertama pada Oktober 2019.

Mereka mengganti baterai nikel-hidrogen dengan baterai lithium-ion baru yang menyimpan dan mendistribusikan daya yang dihasilkan oleh panel surya ISS pada tiang penopang stasiun tersebut.

Baterai lithium-ion memberikan tambahan kapasitas daya untuk operasi dengan massa yang lebih ringan dan volume yang lebih kecil dari baterai nikel-hidrogen, sebut NASA.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spacewalk Berikutnya

Selain itu, kedua astronaut juga menyelesaikan misi selanjutnya untuk memindahkan baterai nikel-hidrogen tambahan ke palet eksternal sebagai persiapan untuk aktivitas spacewalk pekan depan.

Meir dan Koch dijadwalkan kembali menjelajah di luar stasiun tersebut pada 20 Januari mendatang untuk melakukan spacewalk penggantian baterai kedua.

Para spacewalkerdi laboratorium antariksa itu hingga kini telah menghabiskan total 58 hari, 23 jam, dan 12 menit bekerja di luar stasiun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.