Sukses

17-1-1994: Gempa Magnitudo 6,7 di Los Angeles Rusak Ribuan Bangunan

Tepat 26 tahun lalu, gempa magnitudo 6,7 mengguncang Los Angeles.

Liputan6.com, Jakarta Tepat 26 tahun lalu, gempa berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang Los Angeles, Amerika Serikat. 

Gempa tersebut terjadi pada 17 Januari 1994 pukul 04.31 pagi, di bawah permukiman Kota San Fernando Valley hingga menghancurkan banyak bangunan, saluran air dan memicu kebakaran, seperti dikutip dari The Assosiated Press, Kamis (16/1/2020). 

Saat gempa di Los Angeles terjadi, tanah berguncang secara horizontal dan vertikal hingga 10 detik, guncangan terkuat terjadi di daerah berdiameter 30 mil (48 kilometer) di sekitar permukiman Northridge, Los Angeles.

Dampak kerugian akibat gempa ini mencapai $ 25 miliar.

Gempa itu terasa sejauh Las Vegas, menurut Earthquake Country Alliance

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Tewaskan Puluhan Korban Jiwa dan Ribuan Luka – Luka

Setidaknya dilaporkan ada 57 orang tewas akibat gempa bumi yang terjadi di Los Angeles pada 1994 lalu.

Hingga pada tahun berikutnya, sebuah penelitian menyebutkan jumlah korban jiwa berjumlah 72 orang, termasuk korban serangan jantung akibat lindu. Sedangkan untuk korban luka – luka, jumlahnya mencapai 9.000 orang.

Kasus kematian terbesar akibat gempa terjadi di Northridge Meadows, komplek apartemen yang mempunyai 163 unit, menewaskan 16 orang karena jatuh ke area parkir di bagian bawah apartemen, yang juga menghancurkan lantai pertama, seperti dikutip dari The Assosiated Press.

3 dari 3 halaman

Ribuan Rumah Warga Rusak

Kerusakan yang terjadi akibat gempa terjadi pada ribuan bangunan, juga jalan raya, beserta infrastruktur yang membuat Northridge menjadi wilayah bencana termahal di Amerika Serikat pada saat itu.

Gempa ini juga mengakibatkan rusaknya 82.000 perumahan dan unit komersial, 5.400 rumah mobil, menumbangkan 9 struktur parkir, hingga membuat 9 rumah sakit dievakuasi karena masalah struktural. 7 jembatan juga roboh diguncang gempa, demikian menurut Earthquake Country Alliance.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini