Sukses

2 WNI Meninggal di Pesawat Lion Air Jeddah-Surabaya, Jenazah Dibawa ke Tanah Air

Jenazah kedua WNI itu sudah tiba di Jakarta dan dipulangkan ke Surabaya.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri angkat bicara soal kabar dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang meninggal dunia dalam perjalanan pulang ke Indonesia dengan pesawat Lion Air, penerbangan Jeddah-Surabaya. 

WNI yang meninggal adalah Saringa Albadiah dan Suwadi.

Lion Air pun mengalihkan penerbangannya ke Sri Lanka untuk pendaratan darurat. Kini, kedua jenazah sudah tiba di Indonesia pada Kamis pagi (16/1/2020).

"Dua WNI jamaah umrah yang sedang dalam perjalanan pulang ke Indonesia menggunakan maskapai Lion Air telah meninggal dunia karena sakit," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kemlu RI Judha Nugraha dalam pesan singkat kepada Liputan6.com.

Kemlu dan KBRI Kolombo telah membantu pengurusan repatriasi jenazah dan berkoordinasi dengan otoritas terkait. Dua jenazah WNI telah tiba pagi tadi di Jakarta," lanjutnya.

Begitu tiba di Indonesia, kedua jenazah langsung ditangani oleh Karantina Bandara dan Badan Kesehatan dan Penelitian Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan rencana, kedua jenazah sedang diterbangkan ke Surabaya. Keduanya memang dijadwalkan pulang ke Surabaya via Lion Air.

Ketika insiden kesehatan itu terjadi, Lion Air langsung mengalihkan penerbangangan ke Bandara Internasinal Bandaranaike di Kolombo.

Hingga kini belum jelas penyebab kematian dua WNI itu. "Penyebab kematian masih diteliti lebih lanjut oleh Kemenkes," ujar Judha.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berangkat dari Jeddah

Pihak Lion Air menyebut pesawat berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah menuju Bandara Juanda di Surabaya dengan nomor penerbangan JT-085. 

Penerbangan terbang dari Jeddah pada Minggu malam kemarin waktu setempat dan dijadwalkan tiba pada Senin kemarin.

Pihak Lion Air berkata pesawat melakukan pendaratan darurat ketika ada penumpang bernama Saringa Abdillah yang butuh penangangan medis, namun tidak tertolong. Setelah mendarat, Suwadi juga dinyatakan sakit. 

"Lion Air menyampaikan rasa turut prihatin dan rasa duka citu mendalam atas meninggalnya dua tamu jamaah yang dimaksud," ujar pernyataan resmi Lion Air. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini