Sukses

Human Rights Watch Sebut China Jadi Ancaman Global Terkait Pelanggaran HAM

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh HRW, Pemerintah China dinyatakan telah menjadi ancaman bagi dunia terkait pelanggaran HAM.

Liputan6.com, Beijing - Pemerintah Tiongkok semakin menjadi "ancaman global terhadap hak asasi manusia," menurut LSM Human Rights Watch (HRW).

Dalam laporan tahunannya yang meninjau standar hak asasi manusia di hampir 100 negara, LSM itu memperingatkan bahwa pemerintah China sedang melakukan serangan intensif terhadap sistem global untuk menegakkan hak asasi manusia. Rilis laporan itu muncul setelah direktur eksekutif HRW Kenneth Roth mengatakan dia ditolak masuk ke Hong Kong - tanpa alasan yang diberikan oleh otoritas imigrasi, seperti dimuat CNN, Rabu (15/1/2020).

Roth telah merencanakan untuk meluncurkan laporan di kota itu, yang telah diguncang oleh protes anti-pemerintah selama lebih dari tujuh bulan.

HRW menggemakan keprihatinan lama tentang China yang menjadi "negara pengawasan teknologi tinggi Orwellian" dan sistem sensor internet canggih untuk menangkap dan menghilangkan kritik publik. Laporan itu juga menunjuk pada penahanan dan pengawasan ketat terhadap ratusan ribu Muslim Uyghur di provinsi Xinjiang.

Beijing telah menghadapi tekanan internasional yang meningkat atas masalahnya di Xinjiang, dengan banyak kebocoran yang belum pernah terjadi sebelumnya menyinari jaringan besar kamp pendidikan ulang yang menargetkan kaum Muslim.

Mantan tahanan juga telah berbicara, dengan seorang mantan guru di kamp mengatakan kepada CNN bahwa mereka menyaksikan pelecehan dan upaya cuci otak para tahanan.

Beijing sebelumnya telah membantah tuduhan diskriminasi etnis atau agama di Xinjiang, yang merupakan rumah bagi 10 juta umat Muslim.

Ia menegaskan bahwa kamp-kampnya yang luas di provinsi tersebut adalah pusat untuk "pelatihan kejuruan," dan "deradikalisasi," di mana orang belajar keterampilan kerja dan kemudian bebas untuk pergi.

"Media tertentu sedang berusaha untuk melemahkan upaya kontra-terorisme dan radikalisasi China di Xinjiang dengan menghina isu-isu terkait Xinjiang, tetapi upaya mereka tidak akan berhasil," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang tahun lalu.

"Stabilitas, solidaritas etnis, dan harmoni di Xinjiang adalah respons terbaik terhadap disinformasi semacam itu."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Respons China

Penggunaan sistem kredit sosial oleh pemerintah Tiongkok, penindasan terhadap Muslim Uighur, dan penindasan terhadap pengunjuk rasa Hong Kong menghadirkan "ancaman eksistensial" bagi dunia, organisasi Human Rights Watch yang berpusat di AS telah memperingatkan, karena hal itu memberikan tekanan pada PBB untuk secara terbuka mengutuk Beijing.

"Laporan ini penuh dengan prasangka dan rekayasa dan mengabaikan informasi faktual yang diberikan oleh pemerintah saya," kata juru bicara Ji Shing kepada konferensi pers.

"Kami telah melakukan segala upaya untuk memajukan hak asasi manusia," kata Ji. "Kisah HAM [Tiongkok] telah menjadi salah satu yang paling sukses, termasuk mengangkat hingga 750 juta orang keluar dari kemiskinan. Setiap laporan ini gagal dalam menjadi laporan yang seimbang dan netral."

Dilansir dari Sydney Morning Herald, laporan itu mencatat sekitar satu juta Muslim ditahan tanpa batas waktu di kamp-kamp "pendidikan politik" di wilayah Xinjiang barat laut, tempat mereka dipaksa untuk mengingkari identitas mereka dan bersumpah setia kepada Partai Komunis.

Di Hong Kong pihak berwenang telah menangkap hampir 7.000 orang dan menolak setidaknya 17 aplikasi untuk protes pro-demokrasi sejak Juni.

"Ini adalah penindasan paling parah yang telah kita saksikan selama beberapa dekade di Tiongkok, kembali ke revolusi budaya," kata Roth di New York.

3 dari 3 halaman

Beijing ingin Ganti Sistem HAM Internasional

Pelanggaran HAM secara masif memang tidak hanya terjadi di China, melainkan juga di banyak tempat lain seperti di Suriah dan Yaman. Namun ada perbedaan besar: Beijing menggunakan kekuatan ekonominya sebagai instrumen.

Banyak perusahaan asing di China yang harus mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan Partai Komunis untuk bisa berinvestasi. Negara-negara yang mengkritik China juga harus menghadapi risiko tidak mendapat akses lagi ke pasar domestik, yang merupakan 16 persen perekonomian dunia.

Dalam laporan tahunannya, HRW juga mengkritik negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Negara-negara Uni Eropa sekarang cenderung bungkam terhadap China dan melaksanakan apa yang disebut "diplomasi senyap", seperti dikutip dari DW Indonesia.

Banyak pemimpin Barat yang berkunjung ke China dan mengatakan, mereka menyinggung juga soal HAM di belakang pintu tertutup. Namun orientasi para pemimpin barat yang utama adalah membuat kesepakatan dagang.

HRW mengimbau negara-negara barat agar berhenti menerapkan standar ganda dalam isu hak asasi manusia. Standar-standar hak asasi harus dipertahankan, juga ketika berhadapan dengan adidaya ekonomi seperti China. Yang harus disadari adalah, pemerintah China sedang bekerja untuk "melenyapkan sistem hak asasi internasional" dan menggantinya dengan sistem yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.