Sukses

Justin Trudeau Dukung Pangeran Harry dan Meghan Markle Pilih Tinggal di Kanada

Justin Trudeau mengatakan masih banyak diskusi yang harus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Ratu Elizabeth II telah menyetujui mundurnya Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, usai menggelar pertemuan pribadi keluarga Kerajaan Inggris di Sandringham Estate. Harry dan Meghan berniat menjalani kehidupan yang lebih mandiri dan tinggal paruh waktu antara di Inggris dan Kanada.

Ratu Elizabeth II merilis pernyataan yang mengatakan Keluarga Kerajaan telah mencapai kesepakatan bahwa akan adanya periode transisi di mana Duke dan Duchess of Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris. 

Hal ini pun direspons Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

Ia mengatakan, masih banyak diskusi yang harus dilakukan tentang siapa yang akan menanggung biaya keamanan saat Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, tinggal di Kanada, seperti dikutip dari Global News, Selasa (14/1/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Menunggu Keputusan Akhir

Justin Trudeau mengatakan, pemerintah federal belum terlibat "sampai titik ini" tentang bagaimana Pangeran Harry, istrinya Meghan Markle, dan putra mereka, Archie Harrison, tinggal di Kanada.

Masih banyaknya keputusan yang diproses Keluarga Kerajaan, Trudeau menyampaikan dukungannya terhadap pasangan tersebut dengan tanggung jawab yang bersedia ia ambil.

"Masih banyak keputusan yang harus diambil Keluarga Kerajaan, juga oleh Sussex sendiri untuk tingkat keterlibatan yang mereka pilih," kata Justin Trudeau. "Kami jelas mendukung refleksi mereka tetapi memiliki tanggung jawab di dalamnya juga."

Selama menunggu hasil puncak dari keputusan, Trudeau mengaku, "Kami belum sepenuhnya yakin keputusan akhir apa yang akan diambil." 

3 dari 3 halaman

Warga Kanada Antusias

Pakar keamanan juga menyampaikan kekhawatiran mengenai kemahalan pembayaran pajak untuk langkah Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, di Kanada.

Kanada dikabarkan secara tradisional menanggung biaya polisi yang terkait dengan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, saat mereka bepergian. Akan tetapi, langkah yang lebih permanen berpotensi menjadi kasus yang berbeda.

Namun, dukungan dari warga Kanada disampaikan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. 

"Saya pikir sebagian besar warga Kanada sangat mendukung untuk memiliki Keluarga Kerajaan di sini, tetapi bagaimana tampilannya dan jenis biaya apa yang terlibat, masih ada banyak diskusi yang harus dilakukan," ungkap Justin Trudeau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.