Sukses

Alasan Ratu Elizabeth II Restui Pangeran Harry dan Meghan Markle Pilih Megxit

Pangeran Harry dan Meghan Markle mendapatkan restu dari Ratu Elizabeth II untuk mundur sebagai anggota senior Kerajaan Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II merestui niat mundur Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, dari keanggotaan senior Kerajaan Inggris. Restu itu diberikan usai keluarga Kerajaan Inggris menggelar pertemuan tingkat tinggi yang melibatkan Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William dan Pangeran Harry beserta Meghan Markle yang bergabung melalui telepon dari Kanada. 

Pertemuan tersebut diadakan dengan tujuan untuk memilih keputusan akhir terhadap niat mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle atau Megxit. 

Berdasarkan pertemuan yang telah digelar di Sandringham Estate, Ratu Elizabeth II mengabulkan keinginan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk hidup lebih mandiri yang membuat mereka tinggal paruh waktu antara di Inggris dan Kanada.

Ratu Elizabeth II mengungkap alasannya menyetujui keputusan Pangeran Harry dan Meghan memilih Megxit karena memahami keinginan Duke dan Duchess of Sussex itu.

"Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi Anggota Keluarga Kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya," ungkap sang ratu, seperti dikutip dari VOA News, Selasa (14/1/2020). 

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan dan Proses Transisi

Dalam sebuah pernyataan, dukungan terhadap keputusan Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, telah disampaikan Ratu Elizabeth II.

"Keluarga saya dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda," kata sang ratu.

Tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka, kesepakatan pun sudah dibuat mengenai akan adanya periode transisi yang dijalankan oleh Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, saat menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris, seperti dikutip dari VOA News. 

3 dari 3 halaman

Akan Adanya Diskusi Lebih Lanjut

Ratu Elizabeth II juga mengatakan akan tetap menyelesaikan diskusi akan bagaimana Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, menjalani kehidupan baru di luar Keluarga Kerajaan.

Dilansir NBC News, rincian tentang bagaimana mereka akan menempa kehidupan baru yang terpisah dari Keluarga Kerajaan masih harus diselesaikan, ungkap sang ratu.

Meskipun tidak ada Anggota Keluarga Kerajaan yang diberitahu sebelum pengumuman kemunduran disebarkan, namun pengumuman itu dikatakan dikeluarkan setelah adanya refleksi yang diberlakukan selama berbulan bulan dan diskusi internal, seperti dikutip dari BBC. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.